Fuadah, Amidda Mazaya (2025) Strategi Konstruksi Dakwah Feminis Pada Akun Instagram @Nrofiah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3421016_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3421016_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
3421016_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Strategi konstruksi dakwah feminis yang diterapkan oleh akun Instagram @nrofiah, yang dikelola oleh Ibu Nur Rofiah, dalam konteks meningkatnya kasus pelecehan seksual dan ketidakefektifan dakwah feminis di era digital. Akun tersebut menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah dengan pendekatan personal dan emotif, yang menonjolkan pengalaman khas perempuan serta memanfaatkan fitur interaktif Instagram untuk membangun komunitas virtual yang solid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan etnografi virtual, melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pengelola akun serta pengikutnya. Melalui konten visual dan interaktif seperti poster, video pendek, Instagram Live, dan kolom komentar, dakwah ini berubah menjadi dialog dua arah yang mendorong partisipasi aktif pengikut dan internalisasi nilai keadilan gender. Analisis menggunakan teori Konstruksi Sosial menunjukkan bahwa dakwah ini melalui proses eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi yang efektif membentuk realitas sosial dan identitas baru dalam komunitas digital. Respon pengikut akun menunjukkan mayoritas apresiasi positif terhadap dakwah feminis Ibu Nur Rofiah, dengan banyak pengikut mengaku mengalami perubahan cara pandang dan meningkatnya kesadaran mengenai pentingnya keadilan gender dalam Islam. Namun, terdapat pula sikap dari sebagian kalangan yang menganggap feminisme bertentangan dengan ajaran agama. Ibu Nur Rofiah merespons kritik dengan sikap terbuka dan argumen berbasis ilmiah dan tafsir Islam yang nyata, sehingga menciptakan ruang diskusi yang sehat dan konstruktif dalam media sosial. Penelitian menegaskan bahwa strategi konstruksi dakwah feminis melalui Instagram efektif sebagai medium penyebaran dakwah dan pembentukan komunitas yang mendukung pemahaman keadilan gender Islam yang progresif. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut komunitas virtual sebagai ruang dialog dan pemberdayaan perempuan muslim melalui media sosial, serta pentingnya konten dakwah yang komunikatif, inklusif dan relevan untuk menjangkau audiens luas terutama generasi muda di era digital.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Konstruksi Dakwah, Feminis, Instagram, Keadilan Gender | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:24 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:24 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
