Laela, Zahrohtul (2025) Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X Di MAN Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3521058_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3521058_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
3521058_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membentuk karakter tanggung jawab belajar siswa kelas X di MAN Kabupaten Pekalongan. Guru BK berperan penting membantu siswa agar lebih bertanggung jawab, dan sadar akan kewajibannya dalam belajar. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menunjukkan cara-cara yang bisa dilakukan guru BK untuk membentuk karakter siswa agar lebih bertanggung jawab dalam belajar. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter tanggung jawab belajar siswa kelas X di MAN Kabupaten Pekalongan. (2) Bagaimana kondisi karakter tanggung jawab belajar siswa kelas X di MAN Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling dalam membentuk karakter tanggung jawab belajar siswa kelas X di MAN Kabupaten Pekalongan, serta untuk mengetahui bagaimana karakter tanggung jawab belajar siswa kelas X di MAN Kabupaten Pekalongan. Manfaat dari penelitian ini mencakup manfaat teoritis dan manfaat praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan secara objektif kondisi nyata di lapangan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan bagaimana guru BK berperan dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab belajar siswa. Hasil penelitian menujukan guru Bimbingan dan Konseling (BK) berperan penting dalam membentuk tanggung jawab belajar siswa kelas X di MAN Kabupaten Pekalongan. Guru BK berperan sebagai informator, motivator, direktor, fasilitator, mediator, dan evaluator, dalam membantu siswa membentuk karakter tanggung jawab belajar. Karakter tanggung jawab belajar siswa kelas X di MAN Kabupaten Pekalongan, terlihat ada perubahan yang lebih baik seperti komitmen dalam belajar dengan memperhatikan saat guru berbicara di dalam kelas, memiliki kebiasaan positif tidak bermain hp di kelas, disiplin tidak meninggalkan kelas sebelum pelajaran berakhir, tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas, dan inisiatif menyelesaikan tugas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Bimbingan Dan Konseling, Guru Bimbingan Dan Konseling, Karakter, Tanggung Jawab Belajar | ||||||||
| Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:01 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:01 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
