Sukmawati., Suci (2025) Analisis Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Buku Seri 9 Wasiat Luqman Al Hakim. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2421031_Full Text.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2421031_COver_Bab I dan Bab V.pdf Download (295kB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Download (566kB) |
Abstract
ABSTRAK Suci Sukmawati. 2025. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Buku Seri 9 Wasiat Luqman Al Hakim”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. FTIK UIN K.H. Abdurrahman wahid Pekalongan. Pembimbing: Dimas Setiaji Prabowo, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Karakter, Anak Usia Dini, Wasiat Luqman. Nilai karakter merupakan seperangkat prinsip moral yang menjadi dasar dalam membentuk sikap, perilaku, dan kebiasaan positif anak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pendidikan karakter anak usia dini memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai tersebut sejak masa golden age sebagai fondasi pembentukan kepribadian, moral, dan nilai sosial. Penanaman karakter melalui pengalaman konkret dan keteladanan merupakan langkah efektif agar anak dapat memahami dan meniru perilaku positif secara langsung. Buku cerita bergambar menjadi media pembelajaran yang efektif karena menyajikan nilai-nilai karakter melalui alur cerita dan tokoh yang dekat dengan kehidupan anak. Melalui pendekatan yang menarik dan bermakna, buku cerita mampu menanamkan nilai-nilai karakter secara menyenangkan dan kontekstual sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Dengan demikian, peneliti mengemukakan dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, apa saja nilai pendidikan karakter anak usia dini yang terdapat dalam buku seri 9 Wasiat Luqman Al Hakim? Kedua, bagaimana kesesuaian nilai-nilai tersebut dengan kebutuhan perkembangan karakter anak usia dini di Indonesia saat ini? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter anak usia dini serta peran buku cerita bermakna sebagai media efektif dalam penanaman nilai-nilai karakter. Oleh karena itu, analisis dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengkaji nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku seri 9 Wasiat Luqman Al Hakim menilai relevansinya dengan kebutuhan perkembangan karakter anak usia dini di Indonesia masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Sumber data primer berasal dari teks naratif dalam sembilan seri buku 9 Wasiat Luqman Al Hakim, sedangkan data sekunder mencakup teori perkembangan kognitif Jean Piaget, nilai pendidikan karakter Kemendikbud, konsep birrul walidain, serta dimensi Profil Pelajar Pancasila. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku seri 9 Wasiat Luqman Al Hakim memuat lima nilai pendidikan karakter utama, yaitu religius, tanggung jawab, cinta damai, peduli sosial, dan birrul walidain. Melalui tokoh, dialog, dan alur cerita yang konkret serta sesuai dengan kebutuhan anak pada tahap praoperasional menurut teori Jean Piaget. Selain itu, nilai-nilai tersebut juga relevan dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku seri 9 Wasiat Luqman Al Hakim merupakan media literasi Islami yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini secara kontekstual, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangannya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter, Anak Usia Dini, Wasiat Luqman | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:03 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:03 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
