Experiential Learning Dengan Metode Role Play Untuk Menumbuhkan Kesadaran Dalam Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini Di Kb Anjani Kertijayan

Rifda, Nailatur (2025) Experiential Learning Dengan Metode Role Play Untuk Menumbuhkan Kesadaran Dalam Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini Di Kb Anjani Kertijayan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421055_COVER BAB I DAN BAB V.pdf

Download (932kB)
[img] Text
2421055_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2421055_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bullying merupakan perilaku kekerasan terhadap satu atau lebih yang dilakukan berulang kali berupa pemaksaan secara psikologis dan fisik biasanya dilakukan terhadap anak yang lemah. Serta dengan pembelajaran experientiial learning dapat meningkatkan anak untuk memecahkan masalah dan dapat mengurangi perilaku bullying. Dan menggunakan metode role play anak dapat mencapai keberhasilan meningkatkan kemampuan berbicara dan lebih nyaman untuk berinteraksi serta pemahaman bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi experiential learning dengan metode role play untuk kesadaran dalam pencegahan bullying di KB Anjani Kertijayan dan untuk mengetahui peningkatan experiential learning dengan metode role play untuk kesadaran dalam pencegahan bullying di KB Anjani Kertijayan. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru kelas, dan anak-anak di KB Anjani Kertijayan Kabupaten Pekalongan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumntasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada kesadaran anti bullying anak di KB Anjani Kertijayan. Hasil observasi yang dilakukan pada saat Prasiklus mencapai 49,13%, Siklus I mencapai 80,8%, Siklus II mencapai 93,5%. Hal tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan dengan kriteria tinggi. indikator yang ditempuh untuk meningkatkan kesadaran anti bullying anak yaitu sebagai berikut: 1) kesadaran kognitif; 2) kesadaran afektif; 3) kesadaran psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Experiential LearningRole Play Bullying
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 01:14
Last Modified: 14 Nov 2025 01:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item View Item