Strategi Komunikasi Organisasi Panti Asuhan Muhammadiyah Pekalongan Timur Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak

Dannyrizqi, Muhamad (2025) Strategi Komunikasi Organisasi Panti Asuhan Muhammadiyah Pekalongan Timur Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421042_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3421042_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
3421042_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi organisasi yang diterapkan oleh Panti Asuhan Muhammadiyah Pekalongan Timur dalam upaya meningkatkan minat belajar anak asuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi organisasi diterapkan serta apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya motivasi belajar sebagian anak panti yang disebabkan oleh keterbatasan fasilitas, lingkungan belajar yang belum optimal, serta variasi karakter anak asuh yang memengaruhi efektivitas komunikasi pengurus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi komunikasi organisasi yang diterapkan oleh Panti Asuhan Muhammadiyah Pekalongan Timur dalam meningkatkan minat belajar anak; dan (2) apa saja hambatan yang dihadapi dalam penerapan strategi komunikasi organisasi oleh panti asuhan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan memahami secara mendalam strategi komunikasi organisasi di Panti Asuhan Muhammadiyah Pekalongan Timur dalam meningkatkan minat belajar anak. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengurus dan anak asuh, serta dokumentasi kegiatan pembinaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif-naratif dengan mengacu pada teori strategi komunikasi organisasi Arni Muhammad dan konsep komunikasi edukatif dalam lembaga sosial keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi organisasi di Panti Asuhan Muhammadiyah Pekalongan Timur dijalankan melalui pendekatan persuasif, edukatif, dan humanis. Pengurus membangun komunikasi dua arah dengan anak asuh melalui kegiatan pembinaan, belajar bersama, dan pengajian rutin untuk menumbuhkan motivasi belajar. Strategi komunikasi eksternal juga diterapkan melalui kerja sama dengan sekolah dan masyarakat guna memperkuat dukungan pendidikan anak asuh. Adapun kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana belajar, jadwal kegiatan yang padat, perbedaan karakter anak asuh, serta kurangnya tenaga pendamping pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Organisasi, Panti Asuhan Muhammadiyah Pekalongan Timur, Minat Belajar Anak.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:47
Last Modified: 13 Nov 2025 07:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item View Item