Implementasi Metode Storytelling Pada Pembelajaran Pai Di Smk Islam Al-Khoiriyah Petarukan

Pristalinda, Delvina Eka (2025) Implementasi Metode Storytelling Pada Pembelajaran Pai Di Smk Islam Al-Khoiriyah Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20122103_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20122103_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20122103_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan bermakna agar peserta didik termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara aktif. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode storytelling atau metode bercerita. Penerapan metode ini diharapkan mampu membangun minat belajar, pemahaman nilai-nilai keislaman, serta membentuk karakter religius peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan metode storytelling dalam pembelajaran PAI di SMK Islam Al-Khoiriyah Petarukan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode storytelling dalam pembelajaran PAI yang mencakup empat aspek utama manajemen pembelajaran, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Islam Al-Khoiriyah Petarukan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode storytelling dalam pembelajaran PAI di SMK Islam Al-Khoiriyah Petarukan telah terlaksana dengan baik. Dalam tahap perencanaan, guru menyiapkan RPP, media, dan kisah islami yang relevan dengan materi. Pada tahap pengorganisasian, guru mengatur strategi dan waktu pembelajaran agar lebih efektif. Dalam pelaksanaan, guru menyampaikan kisah-kisah inspiratif dari Al-Qur’an, hadis, dan sejarah Islam yang dikaitkan dengan kehidupan peserta didik. Sedangkan tahap evaluasi dilakukan melalui observasi sikap, diskusi, dan tes pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode storytelling menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman terhadap nilai-nilai keislaman, serta mendukung pembentukan karakter religius siswa. Guru PAI diharapkan dapat terus mengembangkan metode ini agar proses pembelajaran berlangsung lebih inspiratif, menyenangkan, dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa’rifin, Ahmad197510202005011002-
Uncontrolled Keywords: Storytelling, Pembelajaran PAI, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:39
Last Modified: 14 Nov 2025 06:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16367

Actions (login required)

View Item View Item