Rahmawati, Alfi Laili (2025) Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Pelaku Bullying Verbal Di Smp Negeri 6 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3521082_COVER BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3521082_FULL TEXT (Recovered 1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
3521082_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus perundungan di lingkungan sekolah, khususnya bullying verbal yang terjadi pada peserta didik. Bentuk bullying verbal yang ditemukan meliputi ejekan, hinaan, cemoohan, serta panggilan bernada merendahkan yang menyebabkan terganggunya hubungan peserta didik. SMP Negeri 6 Petarukan merupakan salah satu sekolah yang juga mengalami permasalahan tersebut, sehingga diperlukannya peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying verbal. Dasar teori penelitian mengacu pada konsep peran guru bimbingan dan konseling Sardiman tentang pengoptimalan peran dari guru bimbingan dan koseling. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi pelaku bullying verbal dan bagaimana dampak layanan dari bimbingan konseling bagi pelaku bullying verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi pelaku bullying verbal serta menjelaskan dampak layanan tersebut terhadap pelaku bullying verbal. Adapun manfaat dalam penelitian ini untuk pengembangan keilmuan program studi Bimbingan Penyuluhan Islam khususnya peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi pelaku bullying verbal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru bimbingan konseling, dan pelaku bullying verbal. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan sebagai fasilitator, mediator, dan pengarah (direktor) dalam mengatasi bullying verbal di SMP Negeri 6 Petarukan. Melalui layanan bimbingan dan konseling individu, pelaku diberikan pemahaman mengenai dampak buruk bullying verbal serta diarahkan untuk memperbaiki sikap. Dampak layanan bimbingan dan konseling terlihat dari perubahan perilaku pelaku bullying verbal yang ditandai dengan kesadaran atas kesalahan, meningkatnya kemampuan komunikasi, serta perbaikan hubungan sosial. Kegiatan bimbingan berbasis nilai-nilai Islam berkontribusi terhadap terciptanya lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan religius.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling, Peran Guru, Bullying Verbal | ||||||||
| Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 08:05 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 08:05 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
