Widiantari, Windi (2025) Eksperimentasi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Steam Untuk Meningkatkan Hots Siswa Kelas V Sdn 01 Sidosari Pada Materi Ipa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20322077_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
20322077_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
20322077_FullText...pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi IPA khususnya materi sistem pencernaan karena tidak adanya media pembelajaran dan penggunaan bahasa ilmiah yang terdengar asing bagi siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa cenderung pasif serta kurang dalam kemampuan menelaah dan mengevaluasi informasi yang diberikan oleh guru, hal ini mengindikasikan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dengan demikian, dibutuhkan adanya pembelajaran yang lebih bermakna, sehingga memberikan siswa kesempatan untuk dapat belajar secara langsung dan nyata, guna meningkatkan higher order thinking skills, salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics). STEAM adalah sebuah pendekatan yang mengintegrasikan 5 aspek pengetahuan dalam suatu pembelajaran. STEAM bukan hanya mempelajari konsep secara teoritis, melainkan langsung mengimplementasikannya dalam proyek sungguhan yang melibatkan kemampuan problem solving dan inovasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis pendekatan STEAM dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis pendekatan STEAM terhadap higher order thinking skills siswa kelas V pada materi IPA di SD Negeri 01 Sidosari? Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah ada perbedaan antara kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis pendekatan STEAM dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis pendekatan STEAM terhadap higher order thinking skills siswa kelas V pada materi IPA di SD Negeri 01 Sidosari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif berjenis quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Sidosari dengan jumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta untuk menguji efektivitas perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan HOTS siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis pendekatan STEAM dengan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis pendekatan STEAM. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test yang menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel serta nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | HOTS, STEAM, IPA, Sistem Pencernaan | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:57 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:57 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
