Ainunnaimi, Ainunnaimi (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Inklusi di SMP Negeri 10 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
BAB I-V.pdf Download (11MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Ainunnaimi. 2020. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Inklusi di SMP Negeri 10 Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak tanpa memandang latar belakang agama, suku bangsa, ekonomi dan status sosialnya. Hal ini didasarkan pada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang memberikan warna lain dalam penyediaan pendidikan bagi anak berkelainan. SMP Negeri 10 Pekalongan merupakan sekolah yang terletak di Jl. Seruni Timur, Klego kota Pekalongan provinsi jawa tengah. Sekolah ini satu-satunya sekolah rujukan dari Dinas Pendidikan pemerintah kota Pekalongan sebagai sekolah inklusi. Berdirinya SMP Negeri 10 Pekalongan ini menjadi alternatif bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP. Jumlah Anak Berkebutuhan Khusus yaitu tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 10 Pekalongan yang menunjukkan secara kuantitas jumlah Anak Berkebutuhan khusus sebanyak 7 siswa di kelas IX, 8 siswa di kelas VIII dan kelas VII, dengan tingkat ketunaan C1 atau tunagrahita ringan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Inklusi di SMP Negeri 10 Pekalongan? 2) Apa saja fakor-faktor penunjang dan penghambat Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Inklusi di SMP Negeri 10 Pekalongan? Tujuan dari Penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Inklusi di SMP Negeri 10 Pekalongan. 2) Untuk mengetahui fakor-faktor Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Inklusi di SMP Negeri 10 Pekalongan. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian lapangan (field research), Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitaitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Teknik Wawancara, 2) Teknik Observasi, 3) Teknik Dokumentasi, 4) Analisis Data. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Anak berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan secara khusus dan membutuhkan kerjasama antara orang tua, guru dan gisma (guru pendamping) sehingga penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus dapat berhasil dengan optimal. Guru menggunakan strategi pendekatan individu, kurikulum yang digunakan pada pembelajaran inklusi itu sendiri bersifat fleksibel tidak kaku. Metode yang sering digunakan ialah metode ceramah, karena materi PAI lebih banyak penjelasan-penjelasan dan cerita inspiratif namun juga ada yang diselingi dengan media putar video kisah inspiratif yang sesuai tema pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Startegi Pembelajaran Inklusi, Guru Pendidikan Agama Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:24 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
View Item |