Dzikriyyah, Nafa’ati (2025) Implementasi Model Game Based Learning Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di SDN 01 Jagung Kecamatan Kesesi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321053_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2321053_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2321053_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Matematika seringkali dianggap sulit, membosankan, dan menegangkan oleh peserta didik. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Seiring adanya perkembangan teknologi, muncul berbagai inovasi pembelajaran salah satunya yaitu model game based learning berbantuan wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model game based learning berbasis wordwall pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 01 Jagung. Jenis penelitin ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. subjek penelitian ini meliputi guru kelas 3 dan peserta didik kelas 3 di SDN 01 Jagung. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model game based learning berbasis wordwall pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 01 Jagung dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan dimulai dengan penentuan tujuan pembelajaran, menyiapkan perangkat pembelajaran termasuk game wordwall dengan fitur open the box dan dokumen yang diperlukan sebelum pembelajaran, seperti modul ajar yang dibuat sesuai dengan prinsip pembelajaran efektif. Tahap pelaksanaan diterapkan secara sistematis sesuai dengan langkah – langkah kegiatan pembelajaran dalam modul ajar yang mengintegrasikan game based learning berbasis wordwall, meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada tahap evaluasi, guru memberikan tugas sederhana atau latihan lanjutan berupa LKPD berkaitan dengan materi yang telah dipelajari melalui wordwall. Implementasi ini dapat memberikan dampak positif terhadap keterlibatan, interaksi, dan motivasi belajar peserta didik. Melalui aktivitas belajar yang dikemas dalam bentuk permainan interaktif, peserta didik menunjukkan antusiasme yang tinggi selama proses pembelajaran, sehingga peserta didik lebih aktif. Model game based learning berbasis wordwall juga mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan kolaboratif antar peserta didik. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model game based learning berbasis wordwall pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 01 Jagung. Faktor pendukungnya yaitu, ruang kelas yang memadai ketersediaan perangkat, koneksi internet, kesiapan guru dalam mengelola kegiatan, serta antusiasme peserta didik yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, jaringan internet yang tidak stabil, waktu yang tersedia terbatas, suara bising dari luar kelas, dan keterbatasan perangkat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Game Based Learning, Wordwall, Matematika | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:38 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:38 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
