Peran Guru Pembimbing Khusus Pada Program Layanan Konseling Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara

Ula, Ifadatul (2025) Peran Guru Pembimbing Khusus Pada Program Layanan Konseling Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420096_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (607kB)
[img] Text
2420096_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2420096_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ifadatul Ula, 2420096 2025, Peran Guru Pembimbing Khusus Pada Program Layanan Konseling Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) pada Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Siti Mumun Muniroh, S.Psi., M.A. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus, Guru Pembimbing Khusus. Anak usia dini 0-6 tahun merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting untuk anak di masa depannya atau disebut the golden age atau masa keemasan dan masa yang sangat kritis yang menjadi penanda tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan anak di masa yang akan datang. (Mulyadi & Kresnawaty, 2020:44). Bagi tumbuh kembang seorang anak, perkembangan merupakan faktor yang sangat penting yang memerlukan perhatian secara khusus agar tercapai potensi perkembangan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru pembimbing khusus pada program layanan konseling pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara dan untuk menjelaskan bentuk layanan konseling pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara, serta untuk menjelaskan tantangan guru pembimbing khusus dalam memberi layanan konseling pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan tentang peran guru pembimbing khusus dalam memberi layanan konseling pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara adalah, (1) sebagai fasilitator pembelajaran inklusif, (2) sebagai pendamping sosial emosional, (3) kolaborasi dengan orang tua dan professional lain, (4) sebagai motivator dan pemberi dukungan emosional, (5) mengembangkan keterampilan sosial yang adaptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus, Guru Pembimbing Khusus
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:01
Last Modified: 14 Nov 2025 06:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16442

Actions (login required)

View Item View Item