Azmi, Akhmad Lutfi (2019) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an MI Miftakhul Athfal Di Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
BAB I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada era sekarang banyak sekolah yang menerapkan program tahfidz untuk menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anakanya. Melihat proses menjadi penghafal Al-Qur’an dilakukan tanpa adanya pembimbing yang sesuai akan membuat hafalan anak akan banyak salah dalam menghafalkannya. Dengan tujuan orang tua menyekolahkan ke sekolah yang menyediakan program tahfidz didalamnya agar anak bisa menjadi penghafal Al-Qur’an yang baik makhorijul hurufnya dan tajwidnya. Melihat begitu banyak metode yang digunakan dalam proses menghafal Al-Qur’an agar cepat dan mudah dalam menghafal. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an MI Miftakhul Athfal Di Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal” Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an MI Miftakhul Athfal di Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal dan Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MI Miftakhul Athfal di Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MI Miftakhul Athfal di Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal dan Apa saja faktor mendukung dan menghambat pelaksanaan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MI Miftakhul Athfal di Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. sumber data pada skripsi ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder, metode analisis dalam skripsi ini dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada siswa-siswi di sekolahan MI Miftakhul Desa Athfal Tembok Kidul mempunyai beberapa tahapan, tahapan pertama tahapan pelaksanaan yaitu mengawali hafalan dengan berbagai cerita yang menarik tentang orang yang menghafal Al-Qur’an, tahapan ke dua yaitu tahapan evaluasi yaitu untuk melihat hasil dari hafalan Al-Qur’an, guru menyampaikan hasil kepada para siswa-siswa hal ini dilakukan agar para siswa menjadi termotivasi untuk melihat hasil hafalan Al-Qur’an. dan tahapan terakhir adalah tahapan akhir yaitu mengulang-ulang pelajaran hafalan kembali agar lebih melihat perkembangan para siswa dan ketika terjadi suatu kekurangan maka akan cepat diselsaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Tahfidz, Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:28 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1647 |
Actions (login required)
View Item |