Ria Andres, Andres (2025) Keterampilan Guru Dalam Membuka Dan Menutup Pembelajaran Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif Di Mis Hidayatul Mubtadiin Desa Werdi Wonokerto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20322086_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
20322086_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
20322086_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran adalah keterampilan yang paling krusial karena menentukan ketertarikan siswa di awal dan efektivitas proses belajar hingga akhir. Namun, dalam pelaksanaannya kadang kala seorang guru melupakan pentingnya melakukan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. Padahal kedua keterampilan ini, berpengaruh besar terhadap terciptanya kelas kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana keterampilan guru dalam membuka pembelajaran di kelas IV MIS Hidayatul Mubtadiin Desa Werdi Wonokerto Pekalongan?, (2) Menjelaskan bagaimana keterampilan guru dalam menutup pembelajaran di kelas IV MIS Hidayatul Mubtadiin Desa Werdi Wonokerto Pekalongan?, (3) Menganalisis bagaimana dampak keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran terhadap terciptanya kelas yang kondusif di kelas IV MIS Hidayatul Mubtadiin Desa Werdi Wonokerto Pekalongan?. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MIS Hidayatul Mubtadiin Desa Werdi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber, metode, dan teori. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru membuka pembelajaran dengan orientasi, motivasi, apersepsi, penyampaian tujuan, acuan, rencana penilaian. (2) Penutupan pembelajaran dilakukan dengan meninjau materi, memberikan penguatan, refleksi, dan tindak lanjut. (3) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran berdampak positif pada terciptanya kelas yang kondusif ditandai dengan kesiapan mental siswa, pembelajaran yang terarah, interaksi yang baik, antusiasme siswa, dan tercapainya tujuan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Guru, Membuka Menutup Pembelajaran, Kelas Kondusif | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:53 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:53 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
