Analisis Kejelasan Informasi Produk, Literasi Keuangan Syariah, Dan Religiusitas Intrinsik Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Masyarakat Pekalongan

Nurkhasanah, Tri (2025) Analisis Kejelasan Informasi Produk, Literasi Keuangan Syariah, Dan Religiusitas Intrinsik Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Masyarakat Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221120_FullText.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4221120_Cover_Bab I dan Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4221120_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

TRI NURKHASANAH. Analisis Kejelasan Informasi Produk, Literasi Keuangan Syariah, dan Religiusitas Intrinsik Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Masyarakat Pekalongan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kejelasan informasi produk, literasi keuangan syariah, dan religiusitas intrinsik terhadap keputusan menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia wilayah Pekalongan. Kejelasan informasi produk dinilai penting dalam membangun kepercayaan nasabah, literasi keuangan syariah mencerminkan pemahaman masyarakat terhadap prinsip dan mekanisme keuangan Islam, sedangkan religiusitas intrinsik merepresentasikan dorongan keagamaan yang menjadi landasan dalam pengambilan keputusan finansial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survei. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan nasabah tabungan syariah Bank Syariah Indonesia Pekalongan. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25 untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kejelasan informasi produk, literasi keuangan syariah, dan religiusitas intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia Pekalongan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin jelas informasi produk yang disampaikan, semakin tinggi literasi keuangan syariah masyarakat, serta semakin kuat religiusitas intrinsik yang dimiliki, maka semakin besar pula kecenderungan masyarakat untuk memilih tabungan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kejelasan Informasi Produk, Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Intrinsik
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.21 Saving Banks/Bank Tabungan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:51
Last Modified: 14 Nov 2025 08:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16481

Actions (login required)

View Item View Item