Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pancasila Kelas V Di Sdn 01 Kayugeritan Pekalongan

Zulfa, Nur indana (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pancasila Kelas V Di Sdn 01 Kayugeritan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322070_COVER BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20322070_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20322070_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nur Indana Zulfa, 2025. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pancasila Kelas V Di SDN 01 Kayugeritan Pekalongan. Skripsi. Program Studi/Fakultas: PGMI/Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing:Rofiqotul Aini, M.Pd.I. Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian peserta didik agar memiliki moral, etika, dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal dengan guru kelas V di SDN 01 Kayugeritan Pekalongan, penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih belum optimal. Hal ini terlihat dari masih adanya peserta didik yang kurang disiplin, kurang bekerja sama dalam kelompok, serta rendahnya sikap tanggung jawab dan kejujuran. Kondisi tersebut menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai karakter secara lebih efektif, khususnya melalui materi Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Pancasila kelas V di SDN 01 Kayugeritan Pekalongan, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang muncul dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di SDN 01 Kayugeritan dilaksanakan melalui tiga tahap utama: (1) Perencanaan, yaitu guru menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar yang berorientasi pada nilai-nilai Pancasila; (2) Pelaksanaan, yaitu pengintegrasian nilai religius, disiplin, kerja sama, jujur, dan tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran; dan (3) Evaluasi, yang dilakukan secara formatif, sumatif, dan autentik untuk menilai perilaku serta pemahaman nilai karakter siswa. Kendala yang vii

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila, Implementasi, Sekolah Dasar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:03
Last Modified: 17 Nov 2025 02:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item View Item