Fikroh, Ina Fitrotul (2025) Peningkatan Etika Sopan Santun Anak Melalui Pembiasaan Empat Kata Ajaib Berbantuan MATTOP Cards Di Tk Muslimat Batursari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2419083_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (978kB) |
|
|
Text
2419083_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2419083_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya etika sopan santun anak di TK Muslimat Batursari, yang terlihat dari kurangnya kebiasaan anak menggunakan empat kata ajaib, yaitu maaf, tolong, terima kasih, dan permisi dalam kegiatan sehari-hari. Pembiasaan etika berbahasa yang baik sejak usia dini sangat penting karena menjadi dasar pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, peneliti berupaya meningkatkan etika sopan santun anak melalui pembiasaan empat kata ajaib dengan bantuan media pembelajaran MATTOP Cards, yaitu alat permainan edukatif berbentuk kartu bergambar yang menggambarkan situasi penggunaan kata ajaib secara kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan etika sopan santun anak melalui pembiasaan empat kata ajaib berbantuan media MATTOP Cards di kelompok B TK Muslimat Batursari Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 anak kelompok B TK Muslimat Batursari. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap etika sopan santun anak setelah diterapkan pembelajaran dengan media MATTOP Cards. Rata-rata hasil observasi meningkat dari 38,75% pada pra-siklus, menjadi 51,25% pada siklus I, dan meningkat tajam hingga 89,37% pada siklus II, dengan kategori sangat baik. Anak menjadi lebih berani berbicara, memahami konteks penggunaan kata ajaib, serta mampu mengucapkannya secara spontan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, penggunaan media MATTOP Cards terbukti efektif dalam meningkatkan etika sopan santun anak melalui pembiasaan empat kata ajaib di TK Muslimat Batursari, serta dapat dijadikan strategi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | MATTOP Cards, empat kata ajaib, etika sopan santun | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:16 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:16 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
