Efektifvitas Media PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV MI Asy-Syafi’iyah Tegalontar

Mirzaq, Nilatul (2025) Efektifvitas Media PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV MI Asy-Syafi’iyah Tegalontar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322030_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
20322030_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat sekolah dasar kerap menghadapi berbagai kendala dalam pelaksanaannya, terutama dalam memahami konsep gaya dan gerak yang bersifat abstrak. Pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan minim penggunaan media interaktif menyebabkan siswa kurang aktif serta hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Media PhET Simulation dapat menjadi alternatif solusi karena memungkinkan siswa melakukan eksperimen virtual secara interaktif dan menarik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar IPAS siswa kelas IV MI Asy-Syafi’iyah Tegalontar sebelum menggunakan media PhET Simulation, (2) mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan media tersebut, dan (3) menganalisis efektivitas penggunaan PhET Simulation terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian melibatkan 28 peserta didik kelas IV. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan media PhET Simulation. Untuk menilai peningkatan hasil belajar siswa, data dianalisis menggunakan pendekatan Paired Sample t-Test serta dihitung nilai N-Gain sebagai indikator efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Rata-rata peningkatan skor (N-Gain) yang diperoleh mencapai 0,67 termasuk dalam kategori sedang, yang menunjukkan bahwa penerapan media PhET Simulation tergolong cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa, terutama pada materi gaya dan gerak. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran interaktif yang mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak melalui penyajian visual yang menarik serta sesuai dengan konteks pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media PhET Simulation, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 01:59
Last Modified: 18 Nov 2025 01:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16558

Actions (login required)

View Item View Item