Analisis Strategi Bauran Pemasaran Syariah Pada Produk Tabungan Simapan Di BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo

Barbarita, Ardil (2025) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Syariah Pada Produk Tabungan Simapan Di BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221048_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221048_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4221048_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembaharuan strategi merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah yang terjadi. Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo mengalami fluktuasi jumlah anggota yang bergabung pada produk tabungan Simapan (Simpanan Masa Depan) yang seharusnya meningkat setiap tahunnya. Perlu dilakukan evaluasi dan pembaharuan strategi agar dapat mengatasi masalah yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bauran pemasaran syariah pada produk tabungan Simapan dan hambatan atau kendala dalam pelaksanaannya. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan objek BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo sudah menerapkan kesembilan unsur bauran pemasaran syariah secara keseluruhan yaitu product (produk), price (harga), place (tempat/lokasi), promotion (promosi), people (orang), process (proses), physical evidence (bukti fisik), promie (janji), dan patience (sabar). Produk Tabungan Simapan diperkenalkan sebagai tabungan berjangka dengan setoran bulanan tetap dan jangka waktu simpanan minimal dua tahun yang dirancang untuk merencanakan masa depan keluarga dengan lebih mudah, ringan dan menguntungkan. Adapun hambatan atau kendala yang dihadapi BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo dalam menerapkan strategi bauran pemasaran syariah pada poduk tabungan Simapan yaitu adanya persaingan dengan lembaga lain, rendahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap tabungan Simapan, promosi dan edukasi yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNgaisah, Zulaikhah Fitri NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Syariah, Bauran Pemasaran Syariah 9P, Tabungan Simapan, BTM Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Nov 2025 06:33
Last Modified: 18 Nov 2025 06:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16567

Actions (login required)

View Item View Item