Analisis Program Student Exchange Malaysia-Singapura Dalam Mendorong Pertukaran Budaya Di SD Muhammadiyah Paesan

Takhsya, Naila (2025) Analisis Program Student Exchange Malaysia-Singapura Dalam Mendorong Pertukaran Budaya Di SD Muhammadiyah Paesan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322168_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20322168_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20322168_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penanaman nilai-nilai multikultural dan pemahaman lintas budaya sejak usia dini merupakan hal penting di tengah era globalisasi. Program student exchange menjadi salah satu strategi untuk mewujudkan hal tersebut karena memungkinkan siswa mengalami langsung interaksi budaya di luar lingkungan mereka. SD Muhammadiyah Paesan menjadi salah satu sekolah dasar yang melaksanakan program student exchange bekerja sama dengan sekolah lain dan sekolah mitra di Malaysia dan Singapura. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara langsung melalui interaksi akademik dan sosial dengan masyarakat dan pelajar di negara tujuan. Peneliti merumuskan dua masalah yakni bagaimana penerapan program student exchange dalam mendorong pertukaran budaya di SD Muhammadiyah Paesan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat program student exchange dalam mencapai tujuan pertukaran budaya di SD Muhammadiyah Paesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan program student exchange Malaysia–Singapura dalam mendorong pertukaran budaya di SD Muhammadiyah Paesan, serta untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat selama pelaksanaannya. Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada tujuh unsur budaya menurut teori Syakhrani dan Kamil, yaitu bahasa, pengetahuan, kebiasaan, tradisi, mata pencaharian hidup, agama, dan kesenian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru pendamping, peserta program, dan orang tua siswa. Analisis data menggunakan Milles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, waktu dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program student exchange telah diterapkan secara terencana dan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Empat dari tujuh unsur budaya, yaitu bahasa, pengetahuan, kebiasaan, dan kesenian, berjalan dengan baik dan menunjukkan perubahan positif dalam keterampilan komunikasi, keberanian siswa, serta keterlibatan aktif mereka dalam pertukaran budaya. Sementara itu, tiga unsur lainnya tradisi, mata pencaharian hidup, dan agama belum berjalan maksimal karena keterbatasan durasi program yang hanya berlangsung selama lima hari dan tantangan penyesuaian lingkungan. Faktor pendukung utama meliputi antusiasme siswa, dukungan orang tua, kesiapan guru pendamping, dan kerja sama sekolah mitra. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, biaya, dan perbedaan budaya yang menimbulkan tantangan adaptasi. Secara keseluruhan, program ini memberikan pengalaman bermakna yang dapat memperkuat karakter siswa sebagai individu yang toleran, mandiri, dan terbuka terhadap keberagaman budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: student exchange, pertukaran budaya, sekolah dasar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:35
Last Modified: 18 Nov 2025 03:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16572

Actions (login required)

View Item View Item