Pola Komunikasi Visual Dalam Desain Grafis Untuk Media Dakwah di Media Sosial Instagram @ruangkerjo

Muttaqin, Hilwanul (2025) Pola Komunikasi Visual Dalam Desain Grafis Untuk Media Dakwah di Media Sosial Instagram @ruangkerjo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421087_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3421087_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3421087_Lampiran.pdf

Download (929kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hilwanul Muttaqin. 2025; Pola Komunikasi Visual Dalam Desain Grafis Untuk Media Dakwah Di Media Sosial Instagram @ruangkerjo. Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Muhammada Riksam Kamal, M. Kom. Dengan berkembangnya teknologi saat ini ranah dakwah lebih meluas contohnya seperti dakwah di media sosial dengan melalui gambar, foto, audio, video, dan lain-lain. Pada media sosial instagram saat ini banyak dipenuhi dengan akun-akun dakwah yang sudah menyajikan konten dengan macam-macam bentuk gaya visual, baik itu vidio, foto, dan juga desain grafis. Akan tetapi bagi masyarakat umum yang ingin menyebarkan dakwah islamnya banyak yang merasa kurangnya akan pemahaman tantang cara penyampaian komunikasi visual pada desain grafis yang efektif untuk berdakwah di media sosial. Dengan permasalahan tersebut, penelitian ini akan menggambil contoh sebuah akun Instagram dengan konten dakwah berbentuk komunikasi visual desain, yaitu pada akun instagram @ruangkerjo. Penelitian ini membahas tentang bagaimana karakteristik media dakwah dan pola komunikasi visual dalam desain grafis untuk media dakwah di media social Instagram @ruangkerjo. Penelitian ini juga bertujuan untuk Mengetahui pola komunikasi visual yang efektif dalam desain grafis untuk media dakwah di media sosial Instagram @ruangkerjo. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu akun Instagram @ruangkerjo. Dalam teknik pengumpulan data pnelitian ini menggunakan observasi, wawancara, derta dokumentasi. Untuk teknik analisa datanya dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa konten dakwah dalam akun @ruangkerjo ini menonjolkan nilai-nilai Islam yang umum seperti kesabaran, keikhlasan, dan syukur yang dikemas dengan visual dan bahasa yang modern serta mudah dipahami. Selain itu dalam pola komunikasi visual dalam konten pada akun @ruangkerjo berhasil menjadikan konten dakwah tidak hanya informatif, tetapi juga menyentuh secara emosional, mudah dipahami secara visual, dan pesannya dapat diterima dengan baik oleh audiens.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, Muhammad RikzamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah, Media Sosial, Instagram, Akun @ruangkerjo
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 17 Nov 2025 09:07
Last Modified: 17 Nov 2025 09:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16579

Actions (login required)

View Item View Item