Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Negeri 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Laeliyah, Rokhu Dlotul (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Negeri 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121020_COVER BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2121020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Laeliyah, Rokhu Dlotul. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual teaching learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: H. Miftahul Huda, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, sementara tuntutan Kurikulum Merdeka menekankan kompetensi tersebut. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), pembelajaran yang masih cenderung konvensional di SMP Negeri 1 Karangdadap belum optimal dalam melatih nalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui signifikansi efektivitas model Contextual Teaching Learning (CTL) dan (2) mengetahui tingkat efektivitas (N-Gain) model CTL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling, terdiri dari kelas eksperimen (32 siswa) yang menerima treatment CTL dan kelas kontrol (30 siswa) yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data utama adalah tes esai (pretest dan posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk pada data posttest menunjukkan data tidak terdistribusi normal (Sig. < 0,05), sehingga uji hipotesis menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U. Hasil Uji MannWhitney U menjawab rumusan masalah pertama, dengan menunjukkan nilai Asymptotic Sig. (2-sided) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima . Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan model CTL dan model konvensional. Peningkatan ini dibuktikan dengan nilai Mean Rank kelas eksperimen (46,50) yang lebih tinggi secara substansial dibandingkan kelas kontrol (15,50). Lebih lanjut, analisis N-Gain Score menjawab rumusan masalah kedua, yang menunjukkan bahwa tingkat efektivitas di kelas eksperimen berada pada kategori Tinggi (0,7712), sedangkan kelas kontrol berada pada kategori Sedang (0,5463) . Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terbukti efektif secara signifikan dan memiliki tingkat efektivitas kategori “Tinggi” dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Contextual teaching learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 01:51
Last Modified: 18 Nov 2025 01:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item