Aulia, Tsabitah Shofa (2025) Efektivitas Pendekatan PMRI berbasis Joyfull Learning terhadap kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2621053_BAB I - BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2621053_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2621053_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan penalaran dan komunikasi matematis masih menjadi tantangan dalam pembelajaran matematika, termasuk di SMA Negeri 2 Pekalongan. berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini merumuskan masalah yaitu apakah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis Joyfull Learning efektif dalam meningkalam meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan PMRI berbasis Joyfull Learning terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pekalongan yang berjumlah 270 siswa pada semester gasal tahun ajaran 2025/2026. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Kelas eksperimen diberikan pemelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis joyfull learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan PMRI. Pengumpulan data dilakukan melaui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalittas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen sebesar 85,94 dan kemampuan komunikasi matematis sebesar 81,76, sedangkan pada kelas kontrol masing-masing sebesar 75,87 untuk kemampuan penalaran matematis dan 71,57 untuk kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi < 0,05, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga pendekatan PMRI berbasis joyfull learning efektif meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran, PMRI, Joyfull Learning, Kemampuan, Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis. | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 04:47 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 04:47 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
