Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Film Animasi Upin Ipin Musim Enam Belas Dengan prinsip Konseling Multikultural

Karomah, Fina (2025) Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Film Animasi Upin Ipin Musim Enam Belas Dengan prinsip Konseling Multikultural. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520062-COVER-BAB I- BAB V.pdf

Download (790kB)
[img] Text
352006-FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
252006-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Moderasi beragama saat ini menjadi isu penting yang terus diperbincangkan dalam berbagai ranah, baik nasional maupun global. Namun realitas sosial yang terjadi di Indonesia memperlihatkan masih banyaknya peristiwa yang mencerminkan ketidakseimbangan dalam beragama. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama sejak dini. Salah satu media yang dapat menjadi edukasi dalam masyarakat yaitu media berbasis audio visual seperti film yang mampu menyampaikan informasi secara menarik contohnya film animasi Upin Ipin. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana nilai-nilai moderasi beragama dalam film Animasi Upin Ipin Musim Enam Belas? (2) Bagaimana persamaan nilai moderasi beragama dalam film animasi Upin Ipin dengan prinsip konseling multikultural? Tujuan dari rumusan masalah ialah untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama dalam Film Animasi Upin Ipin Musim Enam Belas serta untuk mengetahui implikasi nilai-nilai moderasi beragama dalam konseling multikultural. Manfaat dalam penelitian ini yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan jeni penelitian pustaka kualitatif untuk menganalisis makna adegan dan dialog dengan pendekatan netnografi. Teknik pengumpulan data dengan script adegan yang dilakukan dengan oservasi Film Upin Ipin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Upin Ipin Musim Enam Belas menampilkan berbagai nilai-nilai moderasi beragama yang meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal. Nilainilai tersebut tercermin melalui sikap para tokoh dalam menghadapi situasi selama bulan Ramadan di masa pandemi. Nilai-nilai moderasi beragama dalam film Upin Ipin memiliki persamaan dengan prinsip konseling multikultural terutama dalam membangun sikap toleransi, empati, serta menghargai keberagaman budaya dan agama dalam proses konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhi, Muhammad Rifa'iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Upin Ipin, Konseling Multikutural
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:25
Last Modified: 17 Nov 2025 08:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16617

Actions (login required)

View Item View Item