Peran Profesionalisme Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Pembinaan Ahlak Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Yapensa Kota Pekalongan

Alawi, Muhammad Agus (2025) Peran Profesionalisme Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Pembinaan Ahlak Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Yapensa Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50223031 - Bab I dan Bab VII.pdf

Download (2MB)
[img] Text
50223031 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50223031 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.co.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis dalam pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Yapensa Kota Pekalongan, mengidentifikasi problematika yang dihadapi, serta menemukan solusi untuk meningkatkan efektivitas pembinaan akhlak melalui peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan landasan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Yapensa tergolong baik, yang tercermin dalam penerapan empat kompetensi utama: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guru mampu merancang pembelajaran berbasis nilai akhlak, memberikan keteladanan moral dan spiritual, serta menumbuhkan budaya religius di lingkungan madrasah. Namun demikian, masih terdapat kendala seperti minimnya pelatihan berkelanjutan, kurangnya inovasi pembelajaran berbasis teknologi, dan rendahnya motivasi sebagian guru dalam pengembangan diri. Faktor pendukung profesionalisme guru antara lain kepemimpinan kepala madrasah yang visioner, lingkungan kerja religius, dan semangat pengabdian guru terhadap tugasnya sebagai bentuk ibadah. Adapun solusi yang direkomendasikan meliputi peningkatan pelatihan profesional berbasis teknologi, penguatan supervisi kepala madrasah, serta penumbuhan motivasi spiritual dan moral guru agar pembinaan akhlak peserta didik dapat berlangsung secara optimal dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Al-Qur’an Hadis, Pembinaan Akhlak, Madrasah Aliyah Yapensa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:18
Last Modified: 19 Nov 2025 04:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16638

Actions (login required)

View Item View Item