Muhammad, Syammaidzar Naqi Ammar (2025) Analisis Strategi Pemasaran Syariah Pedagang Batik di Pasar Buaran Batik Center (BBC) Pekalongan dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid.
|
Text
4121056_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4121056_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
4121056_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Industri batik memiliki peran strategis dalam mendukung perekonomian nasional sekaligus melestarikan warisan budaya Indonesia. Kota Pekalongan dikenal sebagai sentra batik terbesar di Indonesia dengan kontribusi produksi mencapai 70% dari total nasional. Salah satu pusat perdagangan batik utama di kota ini adalah Pasar Buaran Batik Center (BBC) yang menjadi pusat aktivitas ekonomi dan destinasi wisata belanja batik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, daya saing pedagang batik di BBC mengalami penurunan yang terlihat dari menurunnya jumlah pengunjung dan penjualan. Faktor penyebabnya antara lain meningkatnya persaingan antar daerah penghasil batik, perubahan selera konsumen, kurangnya inovasi produk, serta lemahnya strategi promosi dan pelayanan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan strategi pemasaran berbasis nilai-nilai syariah agar kegiatan bisnis tetap kompetitif dan berlandaskan prinsip etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Buaran Batik Center (BBC) Pekalongan menjadi Sentra Ekonomi Berbasis Budaya Pekalongan. (2) Peningkatan Daya Saing melalui Strategi Segmentasi Pasar oleh pedagang (3) Mengaitkan sudut pandang syariah dalam Penerapan Penjualan Batik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Buaran Batik Center (BBC) Pekalongan berperan signifikan sebagai sentra ekonomi kreatif berbasis budaya yang mampu mengoptimalkan aset wakaf produktif untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat serta mempertahankan identitas Pekalongan sebagai Kota Batik Dunia. (2) Pedagang batik di BBC menerapkan strategi pemasaran syariah (7P) melalui produk berkualitas, harga adil, pelayanan etis, dan inovasi desain beridentitas lokal. (3) Aktivitas jual beli di BBC mencerminkan nilai Tauhid, Khilafah, Tazkiyah, dan Ihsan, sehingga kegiatan ekonomi berjalan etis, adil, dan berorientasi pada keberkahan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Daya Saing, Strategi Pemasaran Syariah, Etika Bisnis Islam, Batik Pekalongan, Buaran Batik Center. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Saputra Yusuf Agung | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:26 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:26 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
