Dakwah Virtual Ning Sheila Hasina dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Terhadap Gen Z pada Akun YouTube @LIM Production

Shohiroh, Amalia (2025) Dakwah Virtual Ning Sheila Hasina dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Terhadap Gen Z pada Akun YouTube @LIM Production. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3121021_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (627kB)
[img] Text
3121021_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(3).pdf

Download (283kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Amalia Shohiroh. 2025. Dakwah Virtual Ning Sheila Hasina dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Terhadap Gen Z pada Akun YouTube @LIM Production. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Vyki Mazaya, M.S.I Kata Kunci: Dakwah Vitual, Peningkatan Pemahaman, Fiqih Wanita, Gen Z, YouTube Saat ini dakwah tidak hanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, seiring perkembangan zaman dakwah mulai merambah kedunia digital yakni dilakukan secara virtual atau secara tidak langsung melalui berbagai platform media sosial. Salah satu media sosial yang digunakan sebagai media dakwah yakni Youtube. Di era digitalisasi ini media Youtube tak hanya sebagai sumber informasi dan hiburan tetapi juga sebagai dakwah, namun dengan perkembangan zaman ini tidak sedikit yang tidak paham akan pentingnya belajar fikih dari usia dini terutama mengenai fikih wanita. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran fikih wanita belum dimasukkanya materi fiqih bab haid secara terperinci dalam kurikulum Pendidikan agama disekolah formal, sementara itu di Pendidikan non formal, seperti halnya di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) hanya menekankan pada materi akhlak, pembelajaran Al-qur’an, dan sejarah islam. Hal ini menjadi perhatian untuk melakukan penelitian dengan judul dakwah virtual Ning Sheila Hasina dalam meningkatkan pemahaman fikih wanita terhadap gen z pada akun YouTube @LIM Production. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan teori Al-Bayanuni yang dikemukakan oleh Teori Strategi Dakwah Muhammad Abu Al-Fath Al-Bayanuni guna mengetahui Strategi dakwah virtual Ning Sheila pada akun YouTube @LIM Production dan Teori S-O-R (Stimulus-Organisme-Response) guna mengetahui bagaimana respon audiens peningkatan pemahaman fiqih wanita melalui dakwah virtual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan strategi dakwah dari Teori Strategi Dakwah Muhammad Abu Al-Fath Al-Bayanuni dengan ditemukan 6 video yang menjadi sumber penelitian terdapat 1 video menggunakan strategi sentimental (Al-Manhaj Al-Athifi), 6 menggunakan strategi rasional (Al- Manhaj al-‘Aqli dan 4 video yang menggunakan strategi indrawi Al- Manhaj al-hissi). Respon generasi z terkait peningkatan pemahaman materi fiqih wanita, terutama bab haid, yakni dimana gen z memahami materi fiqih wanita pada bab haid yakni dengan pemaparan materi dan isi dakwah yang disampaikan Ning Sheila Hasina.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, VykiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah Vitual, Peningkatan Pemahaman, Fiqih Wanita, Gen Z, YouTube
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:13
Last Modified: 18 Nov 2025 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16668

Actions (login required)

View Item View Item