Putri, Qothrunnada (2025) Implementasi Metode Ayat Harian Guna Memenuhi Ujian Praktik Hafalan Yasin Tahlil pada Kelas VI di MI Salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20322139_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (587kB) |
|
|
Text
20322139_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
|
Text
20322139_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kelas VI di MI salafiyah beji kecamatan tulis kabupaten batang yang diwajibkan menguasai hafalan yasin dan tahlil sebagai bagian dari ujian praktik keagamaan. Namun, sebagian peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal ayat dalam jumlah banyak sekaligus dan mempertahankan hafalan yang telah dikuasai. Untuk mengatasinya, diterapkan metode ayat harian yang membiasakan siswa menghafal ayat dalam bagian kecil setiap hari secara konsisten. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode ayat harian guna memenuhi ujian praktik hafalan yasin tahlil pada kelas VI MI salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, bagaimana implementasi hasil penerapan metode ayat harian guna memenuhi ujian praktik hafalan yasin tahlil pada kelas VI MI salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, dan apa saja hambatan yang dihadapi serta solusi yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ayat harian dilakukan dengan membagi hafalan menjadi bagian kecil yaitu satu hingga tiga ayat setiap hari secara konsisten. Penerapan metode ini membantu peserta didik menghafal secara bertahap, meningkatkan kelancaran bacaan, memperkuat daya ingat, serta menumbuhkan kedisiplinan dan tanggung jawab. Hambatan yang muncul antara lain perbedaan kemampuan hafalan antar siswa, keterbatasan waktu belajar, serta kurangnya konsistensi dalam pengulangan hafalan. Solusi yang diterapkan guru meliputi pemberian bimbingan tambahan, pelaksanaan kegiatan simakan antar teman sebangku, serta kerja sama dengan orang tua dalam mendampingi anak menghafal di rumah. Metode ini juga berperan dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih terarah, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa kelas VI MI Salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode Ayat Harian, Hafalan, Yasin, Tahlil | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:23 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:23 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
