Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Platform Kodular Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Bangun Datar

Sarry, Della Puspita (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Platform Kodular Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Bangun Datar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322069_COVER BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20322069_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text
20322069_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sarry, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Platform Kodular Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Bangun Datar Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Juwita Rini, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi, beberapa sekolah terutama di MI Salafiyah NU Al-Utsmani Kabupaten Pekalongan ternyata belum secara optimal memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya pengalaman dan keterbatasan guru dalam pembuatan media pembelajaran yang berbasis teknologi serta proses persiapan pembelajaran menggunakan media interaktif memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengembangkan suatu media pembelajaran interaktif yang berbasis platform Kodular untuk membantu proses pemahaman matematika siswa pada materi bangun datar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana validitas media pembelajaran berbasis platform Kodular pada materi bangun datar di MI Salafiyah NU Salafiyah Al-Utsmani Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana praktikalitas media pembelajaran berbasis platform Kodular pada materi bangun datar di MI Salafiyah NU Salafiyah Al-Utsmani Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis platform Kodular pada materi bangun datar di MI Salafiyah NU Salafiyah Al-Utsmani Kabupaten Pekalongan?. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang diterapkan model ADDIE lima tahapan yang jelas yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket dan tes. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis data instrumen wawancara, Teknik analisis datanya dengan teknik analisis data instrument studi lapangan, data instrument validasi, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran platform kodular dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi bangun datar. Melalui pengujian oleh beberapa ahli dan siswa didapatkan nilai sebesar 90,66667�¨ (ahli materi) dengan kategori Sangat Layak, 81,33333% (ahli media) dengan kategori Sangat Layak, 82,666667% (ahli praktisi) dengan kategori Sangat Praktis, dan 85,10% (siswa) dengan kategori Sangat Praktis. Selain itu pengujian N-Gain nilai pretest dan post test siswa diperoleh data sebesar 0.6615 atau 66.15%, Kesimpulannya media layak dan sangat praktis meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, Juwita199103012015032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Platform Kodular
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 04:05
Last Modified: 18 Nov 2025 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16686

Actions (login required)

View Item View Item