Andira, Celina (2025) Peran Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Konstruktivisme Kelas IV SDN Bendan 04 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321186_COVER_BAB I & V.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
2321186_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2321186_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Guru mempunyai peran penting dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan bermakna. Pada kenyataannya, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar masih didominasi oleh metode ceramah yang membuat siswa pasif serta kurang terlibat dalam proses belajar. Salah satu solusi yang bisa digunakan upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu penerapan pendekatan konstruktivisme, di mana siswa diberi kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya melalui pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS melalui pendekatan konstruktivisme kelas IV di SDN Bendan 04 Kota Pekalongan, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung, penghambat, dan dampaknya terhadap aktivitas belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS kelas IV melalui pendekatan konstruktivisme? dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Bendan 04 Kota Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan peran guru dalam meningkatkan aktivitas siswa melalui pendekatan konstruktivisme serta untuk mengkaji faktor-faktor yang memberikan dukungan dan hambatan terhadap pelaksanaannya. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru wali kelas IV dan siswa kelas IV SDN Bendan 04 Kota Pekalongan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwasanya peran guru dalam meningkatkan aktivitas siswa melalui pendekatan konstruktivisme terlihat pada berbagai aspek, yaitu: (1) guru berperan sebagai fasilitator yang menciptakan lingkungan belajar aktif dan kontekstual (2) guru berperan sebagai motivator yang memberikan dorongan siswa agar belajar dengan penuh semangat dan berpartisipasi aktif (3) guru berperan sebagai pembimbing yang memberikan bimbingan kepada siswa agar percaya diri dan mandiri dalam belajar; serta (4) guru sebagai evaluator yang menilai aktivitas dan proses belajar siswa secara menyeluruh. Faktor pendukung penerapan pendekatan konstruktivisme meliputi antusiasme siswa, kreativitas guru, dan dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain perbedaan kemampuan siswa, keterbatasan waktu, dan sarana pembelajaran yang belum memadai. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya peran guru melalui pendekatan konstruktivisme berpengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV di SDN Bendan 04 Kota Pekalongan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Aktivitas Siswa, Pendekatan Konstruktivisme. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:11 | ||||||||
| Last Modified: | 19 Nov 2025 04:11 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
