UNSPECIFIED (2020) Peran Organisasi IPNU-IPPNU Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas XI Di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
BAB I-V.pdf Download (5MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di SMK Diponegoro Banyuputih. SMK Diponegoro Banyuputih lebih memfokuskan pada karakter religius siswa – siswinya sehingga ada organisasi yang mendukung tercapainya karakter religius yang baik. Pada Kenyataannya siswa kurang memiliki sikap yang berdasarkan nilai-nilai keagamaan sehingga siswa terjebak dalam perubahan dan cenderung meninggalkan nilai-nilai keagamaan dan budaya Ahlusunnah Wal Jamaah. Berdasarkan yang peneliti amati bagimana kegiatan organisasi, bagaimana peran organisasi IPNU IPPNU, apakah dengan mengikuti organisasi meningkatkan karakter religius. Dari hasil pengamatan awal tersebut peneliti mengambil judul peran organisasi IPNU-IPPNU dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kegiatan organisasi IPNU-IPPNU dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI di SMK Diponegoro Banyuputih Batang. 2) Untuk mengetahui Peran Organisasi IPNU IPPNU dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Organisasi IPNU-IPPNU dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan (field Research). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran organisasi IPNU-IPPNU dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI di SMK Dipongeoro Banyuputih Kabupaten Batang adalah 1) Menjadi pribadi yang taat beribadah bersifat religius atau keagamaan.2) Menjadi pribadi yang saling menghargai, berkomunikasi dengan baik, menebar salam, tolong menolong dan berperilaku sopan. 3) Kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan karakter religius siswa.1) faktor pendukung meliputi: kemauan diri sendiri ,kegiatan organisasi, dukungan dari pihak sekolah, kerjasama organisasi dengan pihak sekolah, dan sarana prasarana yang mewadai. 2) faktor penghambat mencakup kurangnya sarana prasarana belum adanya musholla, kurangnya komunikasi antar anggota organisasi, dan pergaulan anggota dengan siswa lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Organisasi, Karakter Religius | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 08:17 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jun 2021 08:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1674 |
Actions (login required)
View Item |