Mubarok, Fatih (2025) Pengembangan Media Permainan Monopoli Haji Dan Umroh Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas V di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Kebondalem 02 Gringsing. Masters thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
5321013_Bab I-Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
5321013_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
5321013_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran fiqih di madrasah ibtidaiyah, metode tradisional masih mendominasi sehingga siswa kurang termotivasi. Media berbasis permainan Monopoli Haji dan Umrah menjadi solusi untuk menciptakan pembelajaran fiqih yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna spiritual. Riset ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih, khususnya pada materi haji dan umrah di MI Islamiyah Kebondalem 02 Gringsing Batang. Pembelajaran fiqih yang selama ini didominasi metode ceramah cenderung membuat siswa pasif, kurang terlibat secara kognitif maupun afektif. Riset ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk permainan edukatif Monopoli Haji dan Umrah yang layak digunakan dalam pembelajaran fiqih kelas V madrasah ibtidaiyah, (2) mengetahui kualitas kelayakan media berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi fiqih, (3) mengukur keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media di kelas, serta (4) menganalisis efektivitas media terhadap hasil belajar siswa. Jenis riset ini adalah riset dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek riset terdiri dari siswa kelas V MI Islamiyah Kebondalem 02 Gringsing tahun pelajaran 2025/2026. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, validasi ahli, angket respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar (pretest–posttest). Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif dengan menghitung persentase kelayakan media dan efektivitas pembelajaran, serta kualitatif deskriptif melalui interpretasi tanggapan dan catatan lapangan. Hasil riset menunjukkan bahwa:(1) Validasi ahli media pembelajaran memperoleh skor rata-rata 92,7% (kategori sangat layak), dengan aspek desain papan permainan dan tampilan visual dinilai paling tinggi. (2) Validasi ahli materi fiqih memperoleh skor rata-rata 90% (kategori sangat layak), dengan aspek kesesuaian isi terhadap kompetensi dasar mencapai 94%. (3) Uji coba skala kecil terhadap 10 siswa menunjukkan respon sangat positif dengan rata-rata 90%, di mana 95% siswa merasa pembelajaran lebih menyenangkan, 90% lebih mudah memahami urutan ibadah haji dan umrah, serta 85% lebih termotivasi untuk belajar fiqih. (4) Hasil uji efektivitas (pretest–posttest) menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai dari 67,13 menjadi 89,35, dan N-Gain sebesar 0,69 (kategori sedang–tinggi). Dengan demikian, media permainan edukatif Monopoli Haji dan Umrah dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih kelas V madrasah ibtidaiyah
| Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Fiqh, Monopoli edukasi, Haji dan Umroh, Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Depositing User: | Mubarok Fatih | ||||||||||||
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 06:14 | ||||||||||||
| Last Modified: | 26 Nov 2025 06:14 | ||||||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
