Hanum, Najwa (2025) Komodifikasi Agama Dalam Promosi Penyewaan Billboard Di Pekalongan (Analisis Semiotik Charles Sander Pierce). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3419089_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
3419089_COVER BAB1 DAN BAB 5_DP.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3419089_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
Abstract
Papan reklame / billboard di jalan kota Pekalongan dengan ragam tulisan bertajuk islami, seperti ajakan untuk sholat berjama’ah di masjid, memperbanyak dzikir, bersedekah dan ucapan-ucapan bulan islami tertentu seperti bulan maulid. Bagaimana simbol-simbol keagaman dimanfaatkan dalam promosi penyewaan billboard di pekalongan, sebuah kota yang dikenal memiliki kultur religius kuat. Kondisi ini menunjukkan gap penelitian yang penting dikaji, terutama bagaimana Perusahaan penyedia billboard di Pekalongan kemungkinan mengemas elemen-elemen religius. Fenomena iklan penyewaan billboard menarik untuk diamati karena cukup jarang iklan-iklan dikomodifikasi dengan menampilkan nilai-nilai islam yang begitu signifikan. Dari iklan tersebut memiliki dua sisi yakni bisa menjadi sarana untuk menyebarkan nilai agama islam dengan disisi lain juga memanfaatkan momen serta kesempatan untuk menghasilkkan keuntungan bagi Perusahaan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sumber datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik milik Charles Sander Pierce dengan teori triangel atau triadic yaitu representament, objek dan interpretant. Menemukan pola komodifikasi yang digunakan untuk iklan penyewaan billboard yaitu penggunaan simbol agama, pesan moral dan spiritual, desain yang islami, dan penggunaan bahasa agama. Kemudian menginterpretasi dengan melihat tanda berdasarkan objeknya yaitu ikon, indeks, dan simbol. Hasil Penelitian menunjukkan penggunaan ajaran kebaikan dalam Islam seperti ajakan sholat, sedekah, dan bershalawat terbukti memiliki efek simbolik yang kuat dalam membentuk citra positif (positive image building). Fenomena ini menjelaskan bahwa komodifikasi agama dalam sektor bisnis dan layanan komersial lainnya sering memanfaatkan nilai religius sebagai daya tarik dan sebagai modal simbolik yang memperkuat hubungan dengan konsumen.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, Promosi, Billboard | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 04:12 | ||||||||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 04:12 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
