Pengaruh Service Quality, Trust, dan Commitment Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Retention Pada BMT Nurussa’adah Pekalongan

Khusna, Amalia Akhlaqul (2021) Pengaruh Service Quality, Trust, dan Commitment Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Retention Pada BMT Nurussa’adah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4217021_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4217021_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
4217021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mengkaji apakah ada pengaruh antara service quality, trust, commitment terhadap customer satisfaction dan customer retention. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi diambil dari anggota BMT Nurussa’adah Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan sampel sebanyak 100 anggota. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan menggunakaan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial service quality tidak berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dengan tingkat signifikansi 0,649 > 0,05. Sedangkan trust berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan commitment berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu service quality berpengaruh signifikan terhadap customer retention dengan tingkat signifikansi 0,011 < 0,05, variabel trust memberikan pengaruh terhadap customer retention dengan signifikansi 0,028 < 0,05, commitment berpengaruh signifikan terhadap customer retention senilai 0,001 < 0,05, dan juga customer satisfaction berpengaruh terhadap customer retention terlihat dari signifikansi yang didapat 0,000 < 0,05. Selain itu customer satisfaction juga berpengaruh signifikan terhadap customer retention. Secara simultan service quality, trust, dan commitment berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dan customer retention dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya hubungan antara variabel service quality, trust. commitment terhadap customer satisfaction adalah 52,5% sedangkan sisanya (47,5%) dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan besarnya hubungan antara variabel service quality, trust. commitment terhadap customer retention adalah 59,6% yang mana 40,4% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Trust, Commitment, Customer Satisfaction, Customer Retention
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 27 Nov 2025 04:41
Last Modified: 27 Nov 2025 04:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16806

Actions (login required)

View Item View Item