Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Usaha Seblak Mami Khairani Pemalang).

Salima, Tria Alfa (2023) Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Usaha Seblak Mami Khairani Pemalang). Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4119004_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4119004_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4119004_Lampiram.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Seblak mami khairani merupakan salah satu usaha yang tetap bertahan dan terus mengalami perkembangan di setiap tahunnya, meskipun keadaan ekonomi pada saat itu sedang tidak stabil. Islam menganjurkan dalam melakukan sebuah bisnis atau usaha maka hendaklah beretika. Etika bisnis tidak hanya diartikan dari sudut pandang kegiatan bisnisnya saja, namun dapat dilihat dari seluruh aspek termasuk pada sifat dan etika dari seorang pebisnis tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi pengembangan bisnis yang di terapkan di seblak mami khairani Pemalang dan untuk mengetahui konsep strategi pengembangan bisnis seblak mami khairani dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang strategi pengembangan usaha dan etika bisnis Islam di Seblak Mami Khairani. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis pada usaha Seblak Mami Khairani yaitu menggunakan strategi produk, strategi pelayanan, dan strategi promosi. Ditinjau dari etika bisnis Islam, usaha Seblak Mami Khairani telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Pengembangan usaha yang dilakukan oleh Seblak Mami Khairani menggunakan prinsip tauhid, prinsip tanggung jawab, prinsip keseimbangan, prinsip ihsan, dan prinsip kehendak bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSurur, Tubagus AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bisnis Kuliner, Etika Bisnis Islam, Strategi Pengembangan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 28 Nov 2025 08:26
Last Modified: 28 Nov 2025 08:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item