Lestari, Indah Ayu (2023) Pengaruh Sharia Compliance, Religiositas, Kepercayaan (trust), dan Corporate Image Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4219073_Bab1&5.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
4219073_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
|
Text
4219073_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
mengalami kenaikan. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya jumlah BMT yang terus meningkat dan mengalami pertumbuhan yang positif. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sudah banyak yang memutuskan untuk menjadi anggota dan menggunakan produk-produk serta jasa lembaga keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh sharia compliance, religiositas, kepercayaan (trust), dan corporate image terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang diambil yaitu anggota di KSPPS BMT AL-FATAA sejumlah 6,843 orang, dengan sampel sebanyak 100 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan jenis simple random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengambilan data yaitu kuisioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t bahwa variabel sharia compliance berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,371 > 0,05 dan nilai thitung 0,899 < ttabel 1,986. Variabel religiositas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,759 > 0,05 dan nilai thitung -0,259 > ttabel 1,986. Variabel kepercayaan (trust) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan nilai thitung 3,235 > ttabel 1,986. Variabel corporate image tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,160 > 0,05 dan nilai thitung 1,415 < ttabel 1,986. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa variabel sharia compliance, religiositas, kepercayaan (trust) dan corporate image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA. Hal ini dapat dilihat dari niai Fhitung 4,232 > Ftabel 2,47. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2),diketahui bahwa R2 sebesar 0,151. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh keempat variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat sebesar 15,1%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 04:09 | ||||||||
| Last Modified: | 15 Dec 2025 04:09 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
