Pengaruh E-Service Quality Dan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Penggunaan BSI Mobile Banking (Studi Kasus Mahasiswa Di Pekalongan)

Pujaningrum, Riri (2023) Pengaruh E-Service Quality Dan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Penggunaan BSI Mobile Banking (Studi Kasus Mahasiswa Di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219058 - Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4219058 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4219058 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat pertumbuhannya dalam dunia perbankan yakni teknologi mobile banking. Suatu teknologi yang mudah untuk digunakan dan diakses oleh setiap lapisan masyarakat kapanpun dan dimanapun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh e-service quality, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat penggunaan BSI mobile banking. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan kuesioner. Sampel diambil sebanyak 119 responden dengan menggunakkan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-service quality berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat penggunaan BSI mobile banking dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,243 > 1,98 (2) persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat penggunaan BSI mobile banking dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,039 <0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,091 > 1,98 (3) persepsi kemanfaatan berpengaruh secara sigifikan dan positif terhadap minat penggunaan BSI mobile banking dilhat dari nilai signifikansi sebesar 0,040 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,080 > 1,98 (4) e-service quality, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan BSI mobile banking dilihat dari hasil nilai Fhitung > Ftabel yakni sebesar 51,352 > 2,68 dan nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05 (5) e-Service Quality, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kemanfaatan dapat menjelaskan variabel Minat Penggunaan sebesar 56,1%

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa’shum, KhafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Service Quality, Technology Acceptance Model (TAM), Minat Penggunaan, BSI Mobile Banking
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 15 Dec 2025 08:15
Last Modified: 15 Dec 2025 08:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16995

Actions (login required)

View Item View Item