Peran ekstrakurikuler palang mrah remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan

Najib, Ahmad Ainun (2019) Peran ekstrakurikuler palang mrah remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Ahmad Ainun Najib. 2016. Peran Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Mengembangkan Karakter Jiwa Sosial Siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Jurusan/Program Studi: Pendidikan Agama Islam / Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Pembimbing: Drs. Moh. Muslih, M.Pd. Ph.D Kata kunci : Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, Karakter Jiwa Sosial Siswa Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) adalah sebuahkegiatanyangmenanamkan sikap tanggung jawab, kepedulian sosial yang tinggi, danmemilikirasakerjasamayangtinggi. SepertidalamtujuanpelaksanaankegiatanPalang MerahRemajayaitu mendidikdanmelatihgenerasimudadalamkegiatanpositif untuk penguatankualitasremajasertapembentukankarakterdanketerampilanindividuyangsalahsatunyaketerampilansosial. Rumusan masalah yang dikaji adalah Bagaimana peran ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan?Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat peran ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan penelitian dalam ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakandeskriptifkualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Peran ekstrakurikuler palang merah remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan dapat dilakukan melalui tindakan atau praktek langsung oleh pembina/pelatih mengenai karakter jiwa sosial yang akan ditanamkan. Dengan melakukan kegiatan lapangan yang memberikan pengalaman pada para siswa. Karena dengan berpartisipasi langsung dalam kegiatan lapangan, para siswa dapat lebih banyak mengerti mengenai nilai-nilai karakter sehingga dapat mereka praktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk karakter siswa. 2) Faktor yang mendukung peran ekstrakurikuler palang merah remaja dalam mengembangkan karakter jiwa sosial siswa SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, antara lain: adanya pelatih, pembina dan pengurus pmr yang profesional, adanya tata tertib, reward atau penghargaan bagi siswa teladan, adanya kegiatan yang beragam, kondisi sarana dan prasarana yang mendukung, adanya dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor yang menghambatnya, antara lain: tingkat kebosanan siswa, kedisiplinan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moch.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, Karakter Jiwa Sosial Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 22 Apr 2020 03:54
Last Modified: 05 May 2020 12:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item