Analisis Strategi Marketing Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Pekalongan.

Gombo, Emilda Meifira (2023) Analisis Strategi Marketing Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4218062_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4218062_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4218062_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebagai Negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam perkembangan keuangan syariah. Hal utama yang diperhatikan di bank syariah yaitu meningkatkan produk, layanan dan pengembangan jaringan. Ada banyak bank syariah di Indonesia yang memiliki produk KPR sejenis tidak hanya BTN KCPS Pekalongan, namun BTN KCPS Pekalongan termasuk bank yang sudah bekerjasama dengan pemerintah untuk program KPR bersubsidi inilah yang menjadi daya tarik masyarakatnya. BTN KCPS Pekalongan juga mampu bersaing dengan bank-bank syariah lain dalam segi harga, kualitas, dan layanan. Untuk menjadi produk unggulan tentunya diperlukan strategi marketing yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pola marketing sebelum melakukan penjualan produk dan menentukan strategi marketing yang tepat dalam melakukan penjualan KPR. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan manager serta marketing BTN KCPS Pekalongan, observasi dengan mengamati lingkungan maupun cara kerja di BTN KCPS Pekalongan, dan dokumentasi tentang gambar di BTN KCPS Pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa BTN KCPS Pekalongan sebelumnya membuat pola marketing terlebih dahulu sebelum melakukan penjualan. Yang perlu diperhatikan dalam membuat pola marketing yaitu menentukan visi dan misi, menentukan target pasar, menyusun strategi marketing, menentukan budget/anggara, membuat daftar yang berisi hal-hal yang harus dikerjakan, dan melakukan evaluasi. Setelah membuat pola marketing dalam menjalankan bisnisnya menggunakan strategi Direct Selling, bauran pemasaran (marketing mix) atau 7P (Product, Price, Promotion,People,Process dan Phisical Evidence), strategi STP (Segmentasi, Targetting, dan Positioning).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa`shum, KhafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Marketing, Strategi Marketing.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 18 Dec 2025 04:20
Last Modified: 18 Dec 2025 04:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item