Implementasi Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Yulianna, Ifa (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2117074_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2117074_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2117074_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Implementasi pendidikan karakter religius peserta didik di sekolah merupakan pendidikan karakter yang paling utama diterapkan. Tujuan di laksanakan pendidikan karakter yaitu sesuai dengan adanya tujuan pendidikan nasional menciptakan insan kamil peserta didik di tengah era globalisasi sekarang, agar peserta didik memiliki karakter yang kuat yang mampu membentengi dirinya dari adanya dekandensi moral. Metode yang tepat dalam melaksanakan pendidikan karakter religius yaitu menggunakan metode pembiasaan. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui: 1). Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. 2). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan di SMP Islam Wonopringgo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil tempat di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, kemudian disusun, dijelaskan dan sekaligus dianalisa, kemudian yang terakhir di simpulkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: Pertama dalam perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter religius peserta didik di SMP Islam Wonopringgo terdapat dalam tujuan yang akan dicapai yakni terdapat dalam visi dan misi sekolah yaitu menjadikan peserta didik insan kamil yang memiliki iman taqwa yang kuat melalui metode pembiasaan seperti pembiasaan 5s (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), pembiasaan membaca doa pagi dan shalawat sembilan, pembiasaan tadarus al-qur’an, pembiasaan beramal, pembiasaan ziarah kubur, pembiasaan terprogram seperti pesantren ramadhan, peringatan Hari Besar Islam, dan pembiasaan melalui kemah darul abror. Evaluasi dari implemeantasi pendidikan karakter religius di SMP Islam yaitu melalui tes ujian akhir sekolah, melalui penilaian perilaku yang tampak setiap hari di sekolah, dan melalui sebuah kegiatan pembiasaan yang diikuti. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan yaitu terdapat dalam komitmen antar warga sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter religius, kesadaran dan motivasi peserta didik dalam melaksanakan pendidikan karakter religius, fasilitas yang tersedia di sekolah, faktor linkungan yang tidak mendukung seperti keluarga yang tidak menerapkan pembiasaan yang dilakukan di sekolah tidak dibiasakan dilakukan di rumah. Selain itu faktor pergaulan peserta didik dengan teman sebayanya sangat mempengaruhi karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter Religius, Metode Pembiasaan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:21
Last Modified: 23 Dec 2025 01:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17019

Actions (login required)

View Item View Item