Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-alang Timur dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam

Kusuma, Hasa Elma (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-alang Timur dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2117208 - Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2117208 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2117208 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter merupakan komponen inti dalam mewujudkan generasi bangsa yang maju, berkualitas dan berakhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan Islam sehingga terwujudnya insan kamil. Banyak sekali rujukan dalam proses pembentukan karakter salah satu rujukannya melalui karya sastra atau karya fiksi. Karya fiksi hadir sebagai sarana dalam penanaman nilai pendidikan karakter. Bukan saja nilai kehidupan yang terkandung dalam karya sastra, tetapi karya sastra atau karya fiksi juga memiliki kandungan nilai keindahan. Menurut Kosasih dalam Nesya Yanmas Yara menyatakan bahwa membaca karya fiksi bukan berarti hanya sekedar membaca sebuah teks lalu setelah itu selesai, namun membaca karya fiksi merupakan pemahaman seseorang akan isi sebuah cerita dengan ikut merasakan sebuah kehidupan dan perasaan yang dialami sang tokoh. Selain itu, agar para pembaca dapat mengoreksi atas perilaku, sikap serta dalam berbahasa. Salah satu karya fiksi yang menjadi rujukan adalah novel Titian Sang Penerus. Terdapat hal unik yang ditampilkan dalam cerita novel motivasi Titian Sang Penerus adalah memiliki daya tarik untuk menginspirasi para pembaca, khususnya bagi kalangan pelajar. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditampilkan secara otomatis akan memberikan kesan menarik bagi para pembaca. Selain memiliki banyak nilai karakter, novel dengan gaya bahasa yang mudah dipahami pembaca ini juga mempunyai alur cerita yang menarik, mengandung banyak hikmah, memotivasi dan menginspirasi pembaca. Dalam Penelitian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-alang Timur? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-alang Timur dengan tujuan pendidikan Islam? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-alang Timur (2) Untuk mendeskripsiskan relevansi novel Titian Sang Penerus karya Alang-alang Timur dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau (library research). Sumber utama yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah novel Titian Sang Penerus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Studi Pustaka (Library Research). Analisis data menggunakan analisis konten (content analysis) atau analisis isi. Hasil penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-alang Timur meliputi beberapa nilai, antara lain : religius, kerja keras, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, kreatif, tanggung xiii jawab, cinta damai, menghargai prestasi, dermawan, hormat dan santun, dan percaya diri. Nilai-nilai pendidikan karekter yang terdapat dalam novel Titian Sang Penerus memiliki relevansi yang sangat erat dengan tujuan pendidikan Islam yang mengacu pada teori Muhammad Fadhil Al-Jamaly dalam M Nurul Ikhsan Saleh antara lain : a) Menjelaskan posisi peserta didik sebagai manusia di antara makhluk Allah lainnya dan tanggung jawabnya dalam kehidupan ini, b) Menjelaskan hubungan sebagai makhluk sosial dan tanggung jawabnya dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. c) Menjelaskan hubungan manusia dengan alam dan tugasnya untuk mengetahui hikmah penciptaan dengan cara memakmurkan alam semesta. d) Menjelaskan hubungannya dengan khalik sebagai pencipta alam semesta.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Novel Titian Sang Penerus, Tujuan Pendidikan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:51
Last Modified: 23 Dec 2025 01:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17023

Actions (login required)

View Item View Item