Implementasi program TICC (Tahfidz and International Curriculum Class) dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Tegal

Ashriyatiningrum, Nur (2020) Implementasi program TICC (Tahfidz and International Curriculum Class) dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Program TICC merupakan program kelas yang ada di SMP Al-Irsyad Tegal dengan memadukan antara tahfidz Qur’an dan program bahasa asing Arab-Inggris. Program TICC ini masih sejalan dengan kurikulum 2013 yang dilengkapi kurikulum Internasional sebagai kurikulum tambahan. Dari segi substansinya program TICC ini memiliki keterkaitan dengan mata pelajaran PAI dalam hal tahfidz Qur’an dan bahasa Arab. Sehingga program TICC tersebut memungkinkan diimplementasikan dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Tegal. Hal ini yang mendorong peneliti untuk meneliti implementasi program TICC dalam pembelajaran PAI. SMP Al-Irsyad Tegal yang menjadi pilihan lokasi penelitian dikarenakan SMP Al-Irsyad Tegal merupakan SMP pertama yang menyelenggarakan program TICC. Rumusan masalah dalam skripsi ini ada tiga yaitu Bagaimana pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Kota Tegal, implementasi program TICC dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Kota Tegal, serta problematika dalam program TICC di SMP Al-Irsyad Kota Tegal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Kota Tegal, untuk menunjukan implementasi program TICC dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Kota Tegal dan untuk mengetahui problematika dalam program TICC di SMP Al-Irsyad Kota Tegal. Sementara kegunaan penelitian ini adalah agar hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi para guru dalam melaksanakan program TICC dengan lebih baik lagi dan mampu mengimplementasikannya kepada semua mata pelajaran. Bagi peserta didik, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajarnya dan bersaing secara sehat dalam mengembangkan potensi belajar agar dapat mencetak prestasi yang gemilang. Bagi SMP Al-Irsyad Tegal, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan, khususnya mengenai penerapan program TICC dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Irsyad Kota Tegal sekaligus sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi bagi SMP Al-Irsyad Kota Tegal untuk menerapkan program TICC dalam rangka membangun gerakan penghafal al-Qu’an. Sedangkan kegunaan secara teoritis adalah dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan wawasan keIslaman yang luas sebagai sumbangsih pemikiran bagi dunia pendidikan yaitu mengenai implementasi program TICC dalam pembelajaran di SMP Al-Irsyad Kota Tegal. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif sehingga data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data yang bersifat kualitatif. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis Lexi J. Moelong yaitu dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Aktivitas dalam menganalisis data, yaitu data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memaksimalkan implementasi dari program TICC, baik dalam mata pelajaran PAI maupun dalam mata pelajaran yang lain. Guna optimalisasi adanya implementasi dari program TICC, maka perlu adanya kesinambungan antara implementasi dalam pembelajaran PAI ketika di sekolah dengan implementasi dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Mulai dari kompetensi dasar dan indikator hingga metode dan evaluasi belajar dalam pembelajaran PAI. Hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran PAI tidaklah banyak atau tidak terlalu signifikan. Misalnya yang pertama, peserta didik yang sering mengobrol atau bercanda sendiri di dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Yang kedua, waktu yang tersedia tidak terlalu banyak, yaitu hanya 3 jam pelajaran setiap minggunya untuk kelas unggulan dan waktu 1 jam pelajaran setiap minggunya untuk kelas TICC. Hal ini menyebabkan kurangnya interaksi antara guru PAI dengan peserta didik. Implementasi program TICC dalam pembelajaran PAI dapat direalisasikan melalui adanya kegiatan-kegiatan pembiasaan keagamaan yang dilaksanakan selama di sekolah. Ditambah lagi dengan adanya jurnal prestasi siswa yang menjadi catatan peserta didik ketika setoran hafalan Qur’an atau BTQ. Dengan adanya jurnal prestasi siswa ini, dapat mengontrol kegiatan BTQ dan Tahfidz Qur’an dari peserta didik ketika di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidz, Kurikulum Internasional, Pembelajaran PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:26
Last Modified: 28 Dec 2021 06:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item