Maemunatun, Maemunatun (2021) Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2021116336_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2021116336_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2021116336_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di dalam dunia pendidikan saat ini, banyak dijumpai siswa-siswi yang kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, baik di sekolah maupun belajar di rumah. Oleh karena itu perlu adanya pengarahan dan pembimbingan yang baik untuk dijadikan sebagai penggerak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan diterapkannya gaya kepemimpinan guru pada pembelajaran di sekolah, hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya dengan gaya kepemimpinan demokratis. Gaya kepemimpinann demokratis ini dinilai paling efektif karena siswa yang sebelumnya merasa terpaksa, bosan, bahkan kurang bebas dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas, mereka kemudian akan merasa nyaman dan menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai gaya kepemimpinan demokratis guru dan untuk mengetahui gambaran seberapa besar motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading serta hubungannya antara gaya kepemimpinan demokratis guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian secara teoritis sebagai tambahan wacana keilmuan, sedangkan kegunaan secara praktis yaitu sebagai bahan informasi bahwa gaya kepemimpinan demokratis guru pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ampelgading dengan mengambil 75 responden dengan menggunakan proporsional random sampling. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII. Data diperoleh dengan memberikan angket dengan sejumlah instrumen pernyataan yang telah disiapkan. Kemudian untuk validasi instrumen menggunakan SPSS 22 for windows, selanjutnya uji reliabilitas menggunakan teknik analisis korelasi alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil reliabilitas untuk angket gaya kepemimpinan demokratis sebesar 0,912 dan hasil reliabilitas untuk angket motivasi belajar siswa sebesar 0,853. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan hasilnya juga disamakan dengan hasil perhitungan correlations SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Gaya kepemimpinan demokratis guru termasuk kategori cukup baik, dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor pengisian angket diperoleh sebesar 109 terletak pada interval 109-113, sehingga gaya kepemimpinan demokratis guru dapat dikategorikan cukup baik. (2) motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading termasuk kategori baik, dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor pengisian angket diperoleh rata-rata sebesar xi 73 terletak pada interval 73-76, sehingga motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading dikategorikan baik. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan rxy sebesar 0,439. Jika dibandingkan dengan r tabel pada tingkat kesalahan 5% diperoleh nilai sebesar 0,227. Maka r hitung (0,439) > r tabel (0,227). Dan pada tingkat kesalahan 1% diperoleh nilai sebesar 0,295. Maka r hitung (0,439) > r tabel (0,295). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa gaya kepemimpinan demokratis guru berhubungan dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,439%
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru, Motivasi Belajar Siswa | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:36 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:36 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
