Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al – Bayyan Pekalongan.

Noviyanti, Ayu (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al – Bayyan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2021116122_Bab1&5.pdf

Download (393kB)
[img] Text
2021116122_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
2021116122_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

. Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena semakin maraknya penggunaan gadget dikalangan masyarakat khususnya anak pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Anak-anak usia ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terutama pada hal-hal yang menurut mereka menarik seperti gadget ini. Namun dalam penggunaan gadget apabila tidak di gunakan dengan bijak akan berbagai dampak yang buruk bagi penggunanya, terutama anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Dalam penelitian ini, ditemukan adanya indikasi masalah yaitu meningkatnya jumlah penggunaan gadget pada anak sehingga muncul dampak negatif dikarenakan mudahnya mengakses informasi tanpa bimbingan orang dewasa. Maka perlu adanya peran guru, khususnya guru Agama Islam dalam dunia pendidikan. Untuk menganalisis masalah tersebut, dirumuskan dua masalah yaitu bagaimana dampak penggunaan gadget pada siswa kelas VII SMP Islam Al Bayan Pekalongan dan bagaimanakah strategi guru pendidikan Agama Islam dalam menghadapi dampak negatifnya. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada siswa kelas VII SMP Islam Al Bayan dan strategi guru PAI dalam mengatasi dampak negatifnya. Sedangkan kegunaan penelitian yaitu dapat dijadikan bahan pembelajaran mengenai dampak negatif penggunaan gadget pada anak jenjang SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Yaitu dengan meneliti secara langsung melalui metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dampak positif penggunaan gadget pada siswa kelas VII SMP Islam Al Bayan, yaitu sebagai media sosialisasi, komunikasi, pendidikan, hiburan, memperoleh informasi dan wawasan. Serta dampak negatifnya, yaitu kecanduan game, kurangnya fokus belajar, emosi labil, dan mengganggu sosialisasi siswa. Oleh karena itu terdapat strategi guru PAI dalam mengatasinya antara lain strategi sebelum pandemi (peraturan, kebijakan, dan hukuman terkait penggunaan gadget) dan strategi setelah pandemi (analisa, pengawasan, dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait penggunaan gadget di masa pandemi).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFauyan, MuchamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Dampak Negatif, Gadget
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Dec 2025 03:06
Last Modified: 23 Dec 2025 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17046

Actions (login required)

View Item View Item