Septyani, Dwi (2023) Pengaruh e-commerce dan inovasi produk terhadap peningkatan pendapatan UMKM dengan volume penjualan sebagai variabel intervening (studi kasus UMKM Batik di kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4119215_Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
4119215_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
|
Text
4119215_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pendapatan menjadi hal yang krusial bagi usaha karena dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu usaha. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sering menghadapi masalah dalam meningkatkan pendapatan usahanya adalah masih minimnya penggunaan teknologi dalam aktivitas usaha tersebut. Pandemi covid-19 menyebabkan banyak pelaku UMKM mengalami gulung tikar akibat menurunnya pendapatan usaha. Pendapatan usaha menurun secara drastis sehingga tidak mampu untuk menutup jumlah pengeluaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce dan inovasi produk terhadap peningkatan pendapatan UMKM dengan volume penjualan sebagai variabel intervening pada UMKM batik di Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM batik di Kabupaten Pekalongan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan penggunaan software SmartPLS 4.0.9.1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan, (2) Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan, (3) Penggunaan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, (4) Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, (5) Volume penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan, (6) Volume penjualan tidak memediasi pengaruh penggunaan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan, dan (7) Volume penjualan tidak memediasi pengaruh inovasi produk terhadap peningkatan pendapatan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan E-Commerce, Inovasi Produk, Peningkatan Pendapatan, Volume Penjualan | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 03:06 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 03:06 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
