Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Resiliensi Siswa Di SMK Yapenda 2 Wiradesa

Syahbana, Laela Putri Nana (2021) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Resiliensi Siswa Di SMK Yapenda 2 Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117231_ Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2117231_ Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2117231_ Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Membentuk siswa untuk dapat bounce back dan memiliki strategi coping yang memadai dalam menghadapi masalah adalah suatu keharusan bagi para guru di generasi milenial yang penuh tantangan dan kompetisi ini. Resiliensi menjadi bekal penting bagi para siswa untuk dapat mengahadapi berbagai masalah baik yang sudah maupun terlewati. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah (1) bagaimana peranan guru pendidikan agama islam dalam memmbetuk resilensi siswa di SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam membentuk resilensi siswa si SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama islam dalam membentuk resiliensi siswa di SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membentuk resiliensi siswa di SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini kualitatif adalah proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis, teknik analisa dilakukan dengan miles-Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisisan data. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah : (1) Peranan guru pendidikan agama islam dalam membentuk resiliensi siswa SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan yaitu, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pembina rohani, dan guru sebagai suri tauladan (2) faktor pendukung dan penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam membentuk resiliensi siswa SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan yaitu orang tua, kepribadian siswa dan teman dekat. Sedangkan faktor penghambat yaitu fakto resiko seperti kurang dukungan orang tua, lingkungan dan temman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Guru, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Dec 2025 07:09
Last Modified: 23 Dec 2025 07:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item