Strategi Penanaman Karakter Religius Pada Anak Penyandang Tunagrahita Di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Khoirurrohman, Mukhamad (2021) Strategi Penanaman Karakter Religius Pada Anak Penyandang Tunagrahita Di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117221_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2117221_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2117221_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Karakter religius merupakan salah satu nilai pendidikan karakter yang perlu ditanamkan kepada semua anak termasuk anak penyandang tunagrahita. Namun kondisi anak penyandang tunagrahita yang berbeda dengan anak yang lainnya membuat guru perlu menerapkan strategi dan metode tersendiri dalam menanamkan karakter religius pada anak penyandang tunagrahita. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam upaya menanamkan karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 3) Bagaimana solusi mengatasi kendala- kendala yang ada. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam upaya penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian ini bersandarkan pada teori Miles dan Huberman yaitu: mereduksi data, menyajikan data yang kemudian ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode perhatian, dan metode hadiah dan hukuman. Sedangkan kendala yang dihadapi diantaranya yaitu kondisi anak tunagrahita yang sedemikian rupa, kurangnya jumlah tenaga pendidik, jumlah siswa yang banyak tiap kelasnya, dan rendahnya kepedulian dan perhatian orang tua terhadap anak-anak tunagrahita. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala yang ada yaitu sabar dan telaten dalam mengajar, mengulang kembali apa yang telah diajarkan, mengondusifkan kondisi kelas sebelum dimulainya pembelajaran dan selama pembelajaran, penggunaan media gambar sebagai alat bantu pembelajaran, serta menjalin kerja sama dengan orang tua/wali siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Penanaman Karakter Religius, Anak Tunagrahita
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Dec 2025 07:56
Last Modified: 23 Dec 2025 07:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17080

Actions (login required)

View Item View Item