Khoirurrohman, Mukhamad (2021) Strategi Penanaman Karakter Religius Pada Anak Penyandang Tunagrahita Di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2117221_Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2117221_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2117221_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
Abstract
Karakter religius merupakan salah satu nilai pendidikan karakter yang perlu ditanamkan kepada semua anak termasuk anak penyandang tunagrahita. Namun kondisi anak penyandang tunagrahita yang berbeda dengan anak yang lainnya membuat guru perlu menerapkan strategi dan metode tersendiri dalam menanamkan karakter religius pada anak penyandang tunagrahita. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam upaya menanamkan karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 3) Bagaimana solusi mengatasi kendala- kendala yang ada. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam upaya penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan; 3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian ini bersandarkan pada teori Miles dan Huberman yaitu: mereduksi data, menyajikan data yang kemudian ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam penanaman karakter religius pada anak penyandang tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode perhatian, dan metode hadiah dan hukuman. Sedangkan kendala yang dihadapi diantaranya yaitu kondisi anak tunagrahita yang sedemikian rupa, kurangnya jumlah tenaga pendidik, jumlah siswa yang banyak tiap kelasnya, dan rendahnya kepedulian dan perhatian orang tua terhadap anak-anak tunagrahita. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala yang ada yaitu sabar dan telaten dalam mengajar, mengulang kembali apa yang telah diajarkan, mengondusifkan kondisi kelas sebelum dimulainya pembelajaran dan selama pembelajaran, penggunaan media gambar sebagai alat bantu pembelajaran, serta menjalin kerja sama dengan orang tua/wali siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Penanaman Karakter Religius, Anak Tunagrahita | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 07:56 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 07:56 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
