Implementasi Metode Diskusi Buzz Group Dalam Membina Komunikasi Interpersonal Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viii Di Mts Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang

UNSPECIFIED (2020) Implementasi Metode Diskusi Buzz Group Dalam Membina Komunikasi Interpersonal Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viii Di Mts Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.id

Abstract

Poses belajar mengajar di sekolah berpedoman dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 yang menggunakan metode diskusi buzz group, dimana dengan menggunakan metode tersebut siswa memiliki cara berpikir kritis dalam menyampaikan berbagai pendapatnya. Metode diskusi buzz group merupakan suatu cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan efektif dan kreatif sehingga siswa tidak bosan dalam menerima pembelajaran dikelas. Metode diskusi buzz group tidak hanya menekankan pada kemampuan kognitif siswa saja tetapi juga dalam aspek keterampilannya, sehingga siswa dapat menghargai perbedaan pendapat siswa lainnya. Dalam hal ini siswa dengan adanya metode diskusi buzz group yang diharapkan dapat membantu membina komunikasi interpersonal siswa dan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah ini adalah (1) Bagaimana komunikasi interpersonal siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang ? (2) Bagaimana implementasi metode diskusi buzz group dalam membina komunikasi interpersonal siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang ? (3) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode diskusi buzz group dalam membina komunikasi interpersonal siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komunikasi interpersonal siswa di MTs Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang sudah menunjukkan berbagai sikap dalam penerapan metode diskusi buzz group ini seperti sikap keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesamaan dimana hubungan antar siswa saling menghargai adanya perbedaan pendapat dalam mempresentasikan hasil diskusi buzz group (2) Pelaksanaan metode diskusi buzz group dalam membina komunikasi interpersonal siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang terdapat perencanaan dan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan metode diskusi buzz group diantaranya yaitu menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), RPP yang digunakan guru fiqih kelas VIII dalam proses pembelajaran, secara keseluruhan sudah menunjukkan adanya suatu proses untuk membina komunikasi interpersonal siswa didalamnya. (3) Faktor pendukung yang mempengaruhi metode diskusi buzz group dalam membina komunikasi interpersonal siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kec. Warungasem Kab. Batang menurut guru fiqih dan kepala sekolah ada lima, yaitu sarana dan prasarana, tenaga pendidik, suasana kelas yang menyenangkan, kebersihan kelas, dan peserta didik yang bersemangat. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi metode diskusi buzz group dalam membina komunikasi interpersonal siswa pada mata pelajaran fiqih menurut guru dan kepala sekolah ada tiga yaitu kurangnya sumber belajar utuk pengayaan siswa, mendapatkan pemimpin yang lemah dan suara ribut kelas lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi Buzz Group, Komunikasi Interpersonal Siswa, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:46
Last Modified: 15 Aug 2022 03:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item