Rahmawati, Lia Elmila (2021) Strategi Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa di MAN Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
|
Text
2021116201_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2021116201_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2021116201_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Di era sekarang ini, menerapkan pendidikan moral sangat penting dan dibutuhkan oleh generasi bangsa. Untuk menjadi pelajar yang memiliki kepribadian yang bermoral dan berakhlakul karimah tentunya pendidikan moral harus terus dibangun. Ada beberapa contoh mengenai remaja yang pintar akan tetapi tidak diseimbangi dengan akhlak dan moral yang baik akhirnya menjadi oknum pejabat yang korupsi dan sudah banyak pula para pelajar sekarang yang seakan lupa dengan norma kesopanan baik dalam bertutur kata ataupun berpakaian. Semua itu merupakan dampak dari pendidian yang kurang didampingi dengan pendidikan moral yang baik. Pendidikan agama islam disini merupakan kunci untuk mengarahkan peserta didik supaya bisa memahami dan menghayati kaidah-kaidah agama islam secara mantap sehingga siswa dapat memiliki kepribadian yang luhur sesuai dengan ajaran agama islam. Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang peneliti lakukan kondisi akhlak siswa di sekolah sudh cukup baik disamping itu MAN Pemalang telah melaksanakan program pembinaan akhlak siswa sebagai antisipasi terhadap maraknya perilaku menyimpang, dan beberapa program yang diterapkan di MAN Pemalang diantaranya adalah membaca asmaul husna setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah. Dari beberapa program yang didirikan di sekolah MAN Pemalang tujuan utamanya untuk membina akhlak siswa dan menambah pengetahuan dan wawasan keagamaan siswa, supaya nanti ketika siswa sudah keluar dari sekolah tersebut akhlaknya semakin baik dari sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam membina akhlak siswa di MAN Pemalang? 2) Apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam membna akhlak siswa di MAN Pemalang? 3) Bagaimana solusi guru PAI dalam membina akhlak siswa? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membina akhlak siswa di MAN Pemalang, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa, 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru PAI dalam membina akhlak siswa. Kegunaan Penelitian ada dua yaitu kegunaan teoritis dan kegunan praktis. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang merupakan salah satu pendekatan yang menggunakan strategi penelitian seperti naratif, fenomenologis, etnografis, studi kasus. Dimana peneliti mengumpulkan data penting secara terbuka terutama dimaksudkan untuk mengembangkan tema-tema dari data. xiii Hasil dari penelitian yang diperoleh terkait strategi guru PAI dalam membina akhlak siswa di MAN Pemalang meliputi adanya program kegiatan keagamaan seperti membaca asamul husna setiap pagi, sholat dhuha, dan seholat dhuhur berjamaah, strategi yang digunakan guru PAI dalam membina akhlak siswa berupa pembiasaan, keteladanan dan nasihat. kendala yang dihadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa serta solusi dalam membina akhlak siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi ,Guru PAI, Pembinaan Akhlak Siswa, MAN Pemalang | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:20 | ||||||||
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:20 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
