Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SDIT Buah Hati Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021

Anansyah, Rahma Maulida (2021) Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SDIT Buah Hati Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117155 - Bab1&5.pdf

Download (430kB)
[img] Text
2117155 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2117155 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SDIT Buah Hati Pemalang merupakan salah satu lembaga sekolah formal yang memiliki program menghafal Al-Qur’an, dimana siswa-siswinya selain di didik dalam pelajaran umum mereka juga di didik dalam menghafal Al-Qur’an. Jadi dalam pembelajarannya, siswa-siswi belajar pendidikan umum seperti sekolah biasa pada umumnya dan juga belajar dalam menghafal Al-Qur’an seperti tajwid, menghafal Al-Qur’an, serta pembiasaan membaca surah-surah pilihan dalamiAl- Qur’an. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pembentukan kecerdasan emosional seseorang, hal tersebutlah yang menuntut orangtua agar bisa memilihkan lingkungan yang baik untuk anak. Mengingat pada fase ini anak menghabiskan banyak waktu di sekolah, salah satu cara bisa berupa memilihkan anak sekolah berbasis pesantren yang di dalamnya memuat kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak, salah satunya yakni kegiatan menghafaliAl-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa SDIT Buah Hati Pemalang ? Seberapa tinggi kecerdasan emosional siswa SDIT Buah Hati Pemalang ? Adakah pengaruh menghafal Al- Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa SDIT Buah Hati Pemalang ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa SDIT Buah Hati Pemalang, mengetahui kecerdasan emosional siswa SDIT Buah Hati Pemalang, serta mengetahui pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa SDIT Buah Hati Pemalang. Kegunaan penelitian secara teoritis diharapkan dapat menjadi sarana dalam memperluas pengetahuan secara khusus untuk peneliti dan secara umum untuk orang yang berinteraksi langsung dengan pendidikan, dapat memberikan sumbangan informasi dalam ilmu ketarbiyahan, dan juga bisa meningkatkan kualitass para calonn penghafall Al-Qur’an agar jadi llebih baik. Sedangkan kegunaan secara praktis adalah untuk menjadi sumbangsih dan juga saran untuk semua llembaga pendidikann lebih khusus bagi sekolah mengenai pentingnya kecerdasan emosional. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data utama (primer) dalam penelitian ini, yaitu data yang diambil peneliti melalui nilai, angket dan dokumentasi. Sumber data tersebut meliputi; nilai menghafal Al-Qur’an siswa kelas IV dan kelas V SDIT Buah Hati Pemalang. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitan ini adalah dokumen-dokumen mengenai gambaran umum SDIT Buah Hati Pemalang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode angket (kuesioner), dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi linier sederhana. xiii Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghafaliAl-Qur’an siswa SDIT Buah Hati Pemalang berada pada interval 79-81 dengan nilai rata-rata 81 yang berada dalam kategori baik. Kecerdasan emosional siswa SDIT Buah Hati Pemalang berada pada interval 72-77 dengan nilai rata-rata 77 yang berarti berada dalam kategori sedang. Dan pada perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana yaitu Ŷ = 24,883 + 0,654X. Kemudian didapatkan nilai ttest= 4,399. Pada taraf signifikansi 5% nilai ttabel= 2,021 maka ttest 4,399 > ttabel2,021 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, untuk taraf signikansi 1% nilai ttabel = 2,704 maka ttest 4,399 > ttabel 2,704 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa SDIT Buah Hati Pemalang tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:40
Last Modified: 24 Dec 2025 02:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17115

Actions (login required)

View Item View Item