Pengaruh Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Akhlak Siswa di MTsN 1 Pekalongan Kecamatan Kedungwuni Pekalongan

Risqiyanti, Risqiyanti (2021) Pengaruh Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Akhlak Siswa di MTsN 1 Pekalongan Kecamatan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2021116204_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2021116204_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2021116204_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sekolah berperan dalam membentuk perilaku atau akhlak. Maka dari itu, untuk meningkatkan akhlak supaya menuju ke arah yang lebih baik, diadakan kegiatan literasi sekolah. Karena di dalam literasi terkandung kemampuan memahami, mengolah, dan menganalisis pengalaman individu yang dimiliki dalam hidup, menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis, yang menyebabkan bertambah luasnya pengetahuan dan sekaligus membentuk akhlak pada siswa. MTsN 1 Pekalongan saat ini sedang mengupayakan penguatan akhlak melalui pembiasaan-pembiasaan, salah satunya yaitu gerakan literasi sekolah. Dari hasil literasi yang dibaca oleh siswa, siswa akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga akan tergerak untuk melaksanakan hal yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah di MTsN 1 Pekalongan Kecamatan Kedungwuni Pekalongan?, bagaimana akhlak siswa di MTsN 1 Pekalongan Kecamatan Kedungwuni Pekalongan?, dan apakah terdapat pengaruh antara pelaksanaan gerakan literasi sekolah terhadap akhlak siswa di MTsN 1 Pekalongan Kecamatan Kedungwuni Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan gerakan literasi sekolah, akhlak siswa, dan apakah terdapat pengaruh antara gerakan literasi sekolah terhadap akhlak siswa di MTsN 1 Pekalongan Kecamatan Kedungwuni Pekalongan. Kegunaan penelitian ini yaitu menambah pengetahuan dan informasi mengenai pengaruh pelaksanaan gerakan literasi terhadap akhlak siswa di MTsN 1 Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah MTsN 1 Pekalongan dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 54,28 dan pada presentase 57,69%. Akhlak siswa MTsN 1 Pekalongan dalam kategori cukup baik dengan rata-rata 66,86 dan pada presentase 39,74%. Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana menghasilkan ttest 7,987. Pada tingkat signifikansi 1% nilai ttabel adalah 2,376, maka ttest 7,987 lebih besar dari ttabel 2,376, dan pada taraf signifikansi 5% nilai ttabel adalah 1,665, maka ttest 7,987 lebih besar dari ttabel 1,665, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap akhlak siswa MTsN 1 Pekalongan. Koefisien determinasi atau besar pengaruhnya adalah sebesar 45,6%, yang tergolong korelasi yang cukup/sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dan Akhlak Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:39
Last Modified: 24 Dec 2025 02:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17117

Actions (login required)

View Item View Item